Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Konselor Adiksi Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assesment (ARAS) Pada BNN Provinsi Sumatera Utara

Authors

  • florensia hutagaol STMIK Triguna Dharma
  • fitri boy STMIK Triguna Dharma
  • dedi setiawan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.2199

Abstract

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara sebagai lembaga pemerintah yang berperan dalam pemberantasan dan penyalahgunaan narkotika di Provinsi Sumatera Utara. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan bimbingan konseling terhadap para pecandu narkoba. Tugas pemberian konseling ini dilakukan oleh konselor adiksi. Penentuan konselor adiksi terbaik merupakan salah satu kegiatan yang memerlukan kejelian dalam penilaian dan juga harus selektif berdasarkan penilaian yang ada. Dengan itu diharapkan dapat diperoleh hasil yang terbaik dalam pemilihan konselor adiksi guna meningkatkan pelayanan BNN Provinsi Sumatera Utara dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems). Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang mengevaluasi beberapa pilihan yang berbeda dan membantu BNN Provinsi Sumatera Utara memberikan keputusan terhadap penentuan konselor adiksi terbaik. Penelitian ini menerapkan metode Additive Ratio Assesment (ARAS) yang merupakan salah satu yang dapat menyelesaikan permasalahan multikriteria. Hasil dari penelitian ini yakni memberikan penilaian alternatif yang lebih efektif dan efisien guna mempermudah BNN Provinsi Sumatera Utara dalam menentukan konselor adiksi. Input yang diminta dari pengguna adalah kriteria-kriteria penilaian dan hasil yang diberikan sistem adalah rekomendasi konselor adiksi berdasarkan urutan prioritas nilai alternatif yang paling tinggi.

References

Chandra Lukita, Chairun Nas, and Wanda Ilham, “Analisis Pengambilan Keputusan Penentuan Priorotas Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Dengan Metode Perbandingan WASPAS Dan MOORA,†Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 2019.

BNN Sertifikasi Profesi Konselor Adiksi, "Berita Negara Republik Indonesia," 2018.

Hery Syahputra, Muhammad Syahrizal, dkk. “SPK Pemilihan Konten Youtube Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Addictive Ratio Assesment (ARAS),†Jurnal SAINTEKS, 2019.

Ayu Cahyani Febryanti, Irfan Darmawan, and Rachmadita Andreswari, "Pembobotan Kriteria Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bidang Peminatan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (Studi Kasus: Program Studi Sistem Informasi Universitas Telkom) 1," 2017.

Siti Aisyah, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode SAW Pada Perusahaan Leasing,†Jurnal TEKNOVASI, vol. 6, no. 1, 2019.

Dina Fitriani, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Pada Collection PT. Panin Bank Menggunakan Metode Profile Matching," Jurnal Mantik Penusa, vol. 3, no. 1, pp. 1-8, 2019.

Rianto Sitanggang and Swono Sibagariang, "Model Pengambilan Keputusan Dengan Teknik Metode Profile Matching," 2019.

Liza Handayani, Muhammad Syahrizal, and Kennedi Tampubolon, "Pemilihan Kepling Teladan Menerapkan Metode Rank Order Centroid (Roc) Dan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) Di Kecamatan Medan Area," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, Nov. 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-21

URN