KRIPTOGRAFI PENGAMANAN DATA CALON PENERIMA BANTUAN PADA KANTOR CAMAT, KECAMATAN KEDAI DURIAN DENGAN METODE RC4

Authors

  • Muhammad Mu'id Maulana STMIK triguna dharma
  • Azanuddin - Stmik Triguna Dharma
  • Suharsil - Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.2162

Abstract

Pada kantor camat kec. Kedai durian yang belum memiliki sistem pengamanan data.Dengan adanya Penelitian ini Membahas Tentang bagaimana cara mengamankan data menggunakan kriptografi. Ada berbagai jenis data pada kantor camat kec. Kedai durian yang perlu dijaga kerahasiaannya. Yaitu data penerima bantuan,data bantuan,data agaran belanja, dan surat-surat lainnya, jadi perlunya pemahaman dan pengetahuan mengenai kriptografi agar terjaga keamanan pada data-data di kantor camat tersebutKeamanan merupakan salah satu yang diinginkan setiap orang pada saat melakukan komunikasi dan saat melalukan proses pengiriman data yang berisikan pesan penting.Oleh sebab itu, maka akan dibangun sebuah sistem Algoritma Rives code 4 (RC4) pada kriptografi berbasis desktop untuk mengamankan data penerima bantuan. Kriptografi merupakan proses penyandian/penyamaran data yang bertujuan untuk mengamankan data atau informasi yang bersifat rahasia.

References

C. A. Sari, et al. " PENYEMBUNYIAN DATA UNTUK SELURUH EKSTENSI FILE MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI VERNAM CIPHER DAN BIT SHIFFTING " Jurnal of Applied Intelligent System, vol. 1 No. 3, (179-190) 2016.

F. N. Pabokory, I. F. Astuti, and A. H. Kridalaksana, " IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI PENGAMANAN DATA PADA PESAN TEKS, ISI FILE DOKUMEN, DAN FILE DOKUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCE ENCRYPTION STANDARD, " Jurnal Informatikan Mulawarman vol. 10 No.1 2015.

N. D. Nathasia and A. E. Wicaksono, "PENERAPAN TEKNIK KRIPTOGRAFI STREAM CHIPHER UNTUK PENGAMANAN BASIS DATA," Jurnal Basis Data, ICT Reseach Center UNAS vol. 6, no. 1, ISSN. 1978-9483, 2011.

D. Herdansyah and Retantyo Wardoyo, "Implementasi Protokol Diffie-Hellman dan Algoritma RC4 Untuk Keamanan Pesan SMS," IJCCS, vol. 5, no. 1, 2011.

A. Zelvina, S. Efendi and D. Arisandi, "Perancangan Aplikasi Pembelajaran Kriptografi Kunci Publik ElGamal Untuk Mahasiswa," JURNAL DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI, vol. 1, no. 1,(56-62) 2012.

J. Simarmata, "Pengamanan Sistem Komputer" 2006.

Rinaldi and Munir, "Analisi Kriptografi Klasik Jepang",2011-2012.

D. Ariyus, "Keamanan Multimedia",2009.

Rosa A. S and M. Shalahuddin, "REKAYASA PERANGKAT LUNAK TERSTRUKTUR DAN BERORIENTASI OBJEK," 2014.

J. ENTERPRISE, " OTODIDAK VISUAL BASIC, " 2017.

Andi, "MEMBANGUN APLIKASI DATABASE DENGAN VISUAL BASIC.NET, TUTORIAL 10 HARI," 2007.

A. Kristanto, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN APLIKASINYA," 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN