Penerapan Metode Certainty Factor Dalam mendiagnosa Penyakit Miopi (Rabun Jauh) Pada Klinik Mata Berlian Medan

Authors

  • desi sari STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.2139

Abstract

Miopi adalah suatu kelainan refraksi di mana sinar cahaya paralel yang  memasuki mata  secara  keseluruhan dibawa  menuju  fokus  di depan retina. Myopia, yang umum disebut sebagai rabun jauh/ terang dekat (shortsightedness), merupakan salah satu dari lima besar penyebab kebutaan di seluruh dunia. Miopia atau rabun jauh itu dimana sumbu bola mata anteroposterior dapat terlalu panjang atau kekuatan pembiasaan media refraksi terlalu kuat. Agar mudah dalam mengenali dan mengetahui penyakit ini maka dibuatlah sebuah program Sistem Pakar. Sistem pakar  merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer agar dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar biasanya digunakan untuk konsultasi, melakukan analisis dan diagnosa, serta membantu pengambilan keputusan dan lain-lain. Dalam penyelesaian masalah terkait pendiagnosaan ini, metode yang digunakan adalah Certainty Factor. Metode Certainty Factor ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami dan memiliki tingkat ke akuratan yang baik.

References

L. D. A. N. Temulawak, “Journal of Vocational Health Studies AND TEMULAWAK HERBS,†vol. 01, pp.

–66, 2018.

Sundari and L. P. Ratna, “Hubungan antara durasi bermain game online dengan gangguan tajam penglihatan pada anak sekolah menengah pertama (SMP) di kota Denpasar,†E--Jurnal Med., vol. 7, no. 8, pp. 1–12,

M. Musiana, N. Nurhayati, and S. Sunarsih, “Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kejadian Myopia pada Anak Usia Sekolah,†J. Ilm. Keperawatan Sai Betik, vol. 15, no. 1, p. 71, 2019.

N. I. Kurniati, H. Mubarok, and D. Fauziah, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hewan Peliharaan

Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., 2018.

M. K. Zulfian Azmi,S.T., M.Kom. Verdi Yasin, S.Kom., Pengantar Sistem Pakar dan Metode, Edisi Asli.

Mitra Wacana Media, 2017.

R. Rachman and A. Mukminin, “Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD,†Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, p. 90, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2018-07-26

Issue

Section

Articles

URN