Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Services Sepeda Motor Yamaha Di PT. Alfa Scorpii Kpt Muslim menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI)

Authors

  • ihram luthfi STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Beni Andika STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Fifin Sonata STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.2134

Abstract

Dalam sebuah Dealer resmi Yamaha  kepuasan konsumen ialah suatu hal yang menjadi target tiap bulannya, kepuasan konsumen sangat berpotensi untuk meningkatkan pendapatan dealer yamaha, maka dealer tersebut perlu mendapatkan evaluasi setiap bulannya dalam peningkatan kualitas pelayanan. Namun dalam keadaan nyatanya, dealer Yamaha terkadang mengalami kendala, banyaknya komplain dari konsumen akan pelayanan yang diberikan, sehingga itu menyebabkan menurunnya kinerja dealer Yamaha, oleh sebab itu perlu adanya suatu sistem yang dapat menganalisis tingkat kepuasan konsumen agar pihak dealer Yamaha dapat melakukan evaluasi tiap bulannya .Karena sering terjadi Komplain Terhadap Pelayanan Service Sepeda Motor YAMAHA di PT Alfa Scorpii Kpt Muslim, maka terciptalah suatu Cara yang dapat digunakan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pelanggan di PT Alfa Scorpii Kpt Muslim diantaranya dengan penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) merupakan cara untuk mengukur Tingkat Kepuasan Pelayanan Pelanggan.Hasil akhir dari penelitian ini ialah untuk memudahkan Perusahaan mengetahui Apa yang lebih manjadi Kepuasan Pelanggan dan dapat mengetahui dimana kekurangan fasilitas yang di berikan PT.Alfa Scorpii Kpt. Muslim.

References

N. Novianti, E. Endri, and D. Darlius, “Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan,†Mix J. Ilm. Manaj., vol. 8, no. 1, p. 90, 2018, doi: 10.22441/mix.2018.v8i1.006.

H. Armaniah, A. sari Marthanti, and F. Yusuf, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang,†E-Jurnal Manaj. Univ. Bina Sarana Inform., vol. 3, no. 9, p. 254455, 2019.

D. I. Ktt and B. Pemalang, “No Title,†vol. 7, no. 21, pp. 173–179, 2019.

T. Chandra and D. Novia, “Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen ANALYSIS OF SERVICE QUALITY AND CUSTOMER SATISFACTION USING CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) AND IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) METHOD IN ‘JAKARTA’ OPTICAL PEKANBARU,†vol. 7, no. 2, pp. 125–139, 2019, [Online]. Available: http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index.

F. D. Silalahi and Susanto, “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan untuk Usulan Gaji dan Promosi Jabatan Berbasis Web Menggunakan Metode AHP pada PT Herculon Carpet,†Ebisnis, vol. 9, no. 1, pp. 40–44, 2016.

S. M. Widodo and J. Sutopo, “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-commerce Model Business to Customer,†J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 1, pp. 38–45, 2018, doi: 10.26877/JIU.V4I1.2224

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN