Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Bahan Mentah Terbaik Untuk Pembuatan Tempe Pada Pabrik Tempe Tanjung Morawa Dengan Menggunakan Metode WP (Weight Product)

Authors

  • rahmad tumanggor STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra Stmik Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i6.2132

Abstract

Pabrik Jaya Tempe adalah salah satu yang memproduksi olahan pangan yang menggunakan bahan baku kedelai. Bahan baku merupakan bahan yang membentuk bagian menyeluruh, berdasarkan pengertian umum mengenai bahan baku merupakan bahan mentah yang menjadi dasar pembuatan suatu produk yang mana bahan tersebut dapat diolah melalui proses tertentu untuk dijadikan wujud lain. Banyaknya para konsumen yang mengeluh karena tempe yang di pasok untuk dijual kembali oleh para pedagang yang membusuk, Hal itu diakibatkan bahan utama pada pembuatan tempe tersebut tidak begitu baik dalam memproses dan mengontrol bahan mentah tersebut. Kondisi ini mengakibatkan kerugian dan kurangnya minat pedagang untuk mengambil tempe dari pabrik tersebut. Hal ini tentunya akan berdampak signifikan dengan kinerja yang dihadapi oleh Pabrik Jaya Tempe dalam produksinya. Produksi merupakan suatu kegiatan untuk merakit dan menggabung beberapa komponen menjadi satu kesatuan yang utuh dan nantinya dapat digunakan untuk suatu halMaka dari itu teknik yang akan digunakan pada karya ilmiah ini adalah penerapan sistem pendukung keputusan dalam menentukan bahan mentah terbaik dalam pembuatan tempeHasil akhirnya adalah suatu aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu pihak Pabrik Jaya Tempe dalam memilih bahan mentah (Kedelai) terbaik dalam produksi tempenya. 

References

H. Herawati e D. Mulyani, “Prosiding Seminar Nasional PENGARUH KUALITAS BAHAN BAKU DAN PROSES PRODUKSI TERHADAP KUALITAS PRODUK PADA UD. TAHU ROSYDI PUSPAN MARON PROBOLINGGOâ€.

P. Studi Sistem Informasi e S. Triguna Dharma, “J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Barang NG (Not Good) di PT.Sagami Indonesia Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Assosiative Memory (FAM),†ï®, vol. 71, nº 2, pp. 71-80, 2019.

ARIF SUSANTO, “PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK SELEKSI GURU TETAP YAYASAN ADHI LUHUR PADA SMK MAHADHIKA 2 JAKARTA,†Faktor Exacta, vol. 7, nº 1, pp. 84-97, 2014.

Priranda Widara Ananta (06018099), 2 e Sri Winiarti (0516127501), “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI UNTUK KENAIKAN JABATAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE GAP KOMPETENSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERKASA JAYA COMPURETAIL,†Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 1, nº e-ISSN: 2338-5197 , 2013.

A. H. Hasugian e H. Cipta, “Analisa Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP),†ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 2, nº 1, pp. 14-30, 2018.

L. Farokhah, A. Kala e S. ASIA Malang, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Forum Mahasiswa dengan Metode Weighted Product,†Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 11, nº 2, 2017.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-18

URN