Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Moora

Authors

  • Kiki Kurniawan STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.2112

Abstract

Baitul mal Aceh Tenggara merupakan salah satu intansi yang mempunyai program beasiswa. Program beasiswa pada Baitul mal Aceh Tenggara merupakan salah satu dari program baitul mal yang termasuk ke dalam program ZIS (Zakat, Infak dan Shadaqah). Yaitu membantu modal usaha masyarakat miskin, pelatihan, beasiswa, pembangunan rumah tidak layak huni dan bantuan biaya pengobatan miskin. dalam melakukan penentuan beasiswa tersebut mengalami kesulitan karena banyaknya pelamar beasiswa dan sulitnya untuk menentukan keputusan penerima beasiswa yang sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itulah diperlukan suatu sistem pengambilan keputusan yang dapat memperhitungkan segala kriteria yang mendukung pengambilan keputusan guna membantu, mempercepat dan mempermudah proses pengambilan keputusan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem pengambilan keputusan yang membantu pihak baitulmal dalam menentukan penerima beasiswa yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan metode Multi Objective Optimization On The Basis Of  Ratio Analysis (MOORA). Perancangan ini menggunkan bahasa pemograman visual basic dan menggunakan MySQL sebagai database. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa merupakan sebuah sistem yang dapat menentukan calon peneriama beasiswa pada baitul mal Kabupaten Aceh Tenggara, dimana dalam proses pengambilan keputusan menggunakan mtode MOORA. Sistem dapat memberikan keputusan peserta-peserta yang layak maupun tidak layak untuk mendapat beasiswa. Sistem akan menyeleksi setiap data-data yang di inputkan dan nilai yang tertinggi yang akan terpilih untuk mendapatkan beasiswa pada Baitul Mal, yaitu dengan  total nilai di atas atau sama dengan 0,3000.

References

D. Arbian, S. St, and M. Kom, “Sistem Pendukung Keputusan ( SPK ) Pemberian Beasiswa Berbasis TOPSIS ( Studi Kasus Yayasan Pendidikan Al-Hikmah Bululawang Malang ),†vol. 11, no. 1, pp. 29–44, 2017.

S. Informasi and F. Teknik, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA PADA RUMAH ZAKAT DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL NETWORK PROCES ( FANP ) DI BAITUL MAL,†vol. 2, no. 1, pp. 15–24, 2018.

K. Erwansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Mitra Kerja Entri Data Baru Pada Badan Pusat Statistik Kota Medan Menggunakan Metode MOORA ( Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis ),†vol. 18, no. 1, 2019.

S. Pendukung, K. Rekomendasi, and P. Beasiswa, “Jurnal Rekayasa Elektrika,†vol. 11, no. 4, 2015.

U. Islam, N. Uin, and S. Hidayatullah, “PENGUATAN EKONOMI KERAKYATAN MELALUI BAITUL MAL TANWIL ( BMT ) SEBAGAI BALAI USAHA MANDIRI RAKYAT TERPADU ( BUMRT ),†vol. 3, no. 1, pp. 81–91, 2016.

T. Pengembangan, B. Mal, and D. I. P. Riau, “Tantangan pengembangan,†2013.

A. S. Amin and M. A. Ramdhani, “Konfigurasi Model Untuk Sistem Pendukung Keputusan,†Maj. Ilm. Ekon. Komput., vol. 0, no. 0, pp. 11–19, 2013.

S. A. Nurhayati, “Analisis dan perancangan sistem pendukung keputusan kenaikan jabatan struktural pada kantor inspektorat kota jambi,†Anal. Dan Peranc. Sist. Pendukung Keputusan Kenaikan Jab. Strukt. Pada Kant. Inspektorat Kota Jambi, vol. 3, no. 3, pp. 1176–1188, 2018.

D. M. Aristiyani, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI NASABAH PEMINJAM DANADI BANK MANDIRI CABANG PRINGSEWU DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW).â€

E. L. Ruskan, A. Ibrahim, and D. C. Hartini, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),†J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 546–565, 2013.

C. Elena and B. Bire, “Sistem Pendukung Keputusan Perusahaan Jasa Angkutan,†pp. 76–86.

E. Sofiah and Y. Septiana, “Sistem Pendukung Keputusan Feasibility Study untuk Menilai Kelayakan Sebuah Bisnis,†J. Wawasan Ilm., vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2017.

C. Fadlan, A. P. Windarto, and I. S. Damanik, “Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pemilihan Bibit Cabai ( Kasus : Desa Bandar Siantar

Downloads

Additional Files

Published

2018-04-30

Issue

Section

Articles

URN