SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT KANKER REKTUM USUS BESAR DENGAN MENGGUNKAN METODE TEOREMA BAYES

Authors

  • Bela Sapira STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.2095

Abstract

Kanker RektumUsus Besar adalah Efek dari perkembangan zaman yang semakin canggih dan serba efesien memberi efek yang tajam dalam setiap lingkup kehidupan manusia. Kita dapat merasakan sendiri bagaimana peralatan dan obat-obatan berkembang seiring banyaknya jenis penyakit. Seiring dengan penemuan-penemuan akan penyakit baru menjadi bagian dari faktor negatif. Dalam bidang ilmu kedokteran, penyakit baru yang belum teridentifikasi sebelumnya akan menjadi masalah baru yang perlu di teliti untuk mengetahui sumber pengetahuan baru dalam memecahkan masalah yang terjadiDengan masalah tersebut maka dibuatlah sistem pakar mendiagnosa penyakit Kanker Rektum Usus Besar pada Rumah Sakit tujuan untuk membantu pihak Rumah Sakit dalam mendiagnosa penyakit Kanker Rektum Usus Besar Sistem pakar merupakan sistem yang dirancang untuk dapat menirukan keahlian seorang pakar atau ahli dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan suatu masalah terkait penyakit Kanker Rektum Usus Besar  sehingga dapat menghasilkan sebuah kesimpulan atau solusi.Hasil dari penelitian ini mendapakan suatu keluaran berupa penyakit yang dialami seorang pasien serta solusi penanganan pada penyakit yang dialami oleh seorang pasien tersebut dengan menggunakan metode Teorema bayes, sehingga dapat membantu Rumah Sakit dalam menangani penyakit Kanker Rektum Usus Besar.

References

W. N. Sitepu et al., “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asma Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†vol. 6, no. 1, pp. 69–75, 2019.

M. Haris Qamaruzzaman and S. ’ Ani, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Mata Pada Manusia Menggunakan Teorema Bayes,†ijns.org Indones. J. Netw. Secur., vol. 5, no. 4, pp. 2302–5700, 2016.

H. T. SIHOTANG, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.31227/osf.io/rjqgz.

R. Rambe, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kanker Usus Besar pada Manusia dengan Menerapkan Metode Hybrid Case Based,†J. Ris. Komput., vol. 6, no. 6, pp. 606–611, 2019.

A. W. Ganda Anggara, Gede Pramayu, “Membangun sistem pakar menggunakan teorema bayes untuk mendiagnosa penyakit paru-paru,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 79–84, 2016..

Downloads

Published

2019-04-25

Issue

Section

Articles

URN