Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kunyit Menggunakan Teorema Bayes

Authors

  • Ahmad Fauzi Nasution
  • Widiarti Ristamaya
  • Hafizah Hafizah

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.2066

Abstract

Tanaman kunyit atau juga dikenal dengan nama latin Curcuma longa L. (Zingiberaceae) adalah tanaman tropis yang banyak terdapat di Asia yang secara ekstensif digunakan sebagai zat pewarna dan pengharum makanan. Tanaman kunyit dianggapkan sebagai salah satu obat herbal yang sangat bernilai bagi manusia. Tanaman kunyit sangat diminati di Indonesia yang digunakan untuk bumbu masak, terutama untuk obat tradisional. Namun pertumbuhan tanaman kunyit di Indonesia masih mengalami gangguan yang disebabkan hama dan penyakit. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit dan hama pada tanaman kunyit menggunakan metode Teorema Bayes. Sistem pakar ini merupakan perangkat lunak berbasis komputer berbasis web yang dapat membantu petani dalam mendiagnosa penyakit dan hama pada tanaman kunyit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hama dan penyakit pada tanaman kunyit memiliki gejala yang berbeda sesuai dengan karakteristik masing-masing dan metode Teorema Bayes dapat digunakan untuk mendeteksi hama dan penyakit pada tanaman kunyit.

References

S. Arisonya, G. Wibisono, and G. Aditya, “Efektivitas Ekstrak Kunyit (Curcuma Domestica) Terhadap Jumlah Sel Makrofag dan Diameter pada Lesi Ulkus Traumatikus,†J. B-Dent, vol. 1, no. 2, pp. 118–125, 2014.

C. Y. Shan and Y. Iskandar, “Studi Kandungan Kimia dan Aktivitas Farmakologi Tanaman Kunyit,†J. Farmaka Suplemen, vol. 16, no. 2, pp. 547–555, 2018.

C. Anggun W, “Budidaya Tanaman Kunyit (Curcuma domestica Val) dan Khasisatnya Sebagai Obat Tradisional di PT. Indmia Citra Tani Nusantara,†Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2012.

H. T. Sihotang, “Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman jagung dengan metode bayes,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 17–22, 2018.

M. H. Qamaruzzaman and Sam’ani, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Mata Pada Manusia Menggunakan Teorema Bayes,†Indones. J. Netw. Secur., vol. 5, no. 4, pp. 7–11, 2016.

Bahar and D. W. Prataman, “Penerapan Teorema Bayes Dalam Sistem Pakar Untuk Konsultasi Siswa Bermasalah,†JUTISI, vol. 6, no. 2, pp. 1449–1588, 2017.

Downloads

Additional Files

Published

2018-05-30

Issue

Section

Articles

URN