Data Mining Untuk Mengestimasi Jumlah Penumpang Pada PT Rajawali Citra Transportasi Medan Dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Authors

  • edi guna
  • Yopi Hendro
  • rico imanta

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.2062

Abstract

Data mining merupakan proses analisa data untuk menemukan suatu pola dari kumpulan data tersebut. Data mining mampu menganalisa data yang besar  menjadi informasi berupa pola yang mempunyai arti bagi pengambilan keputusan.dala skripsi ini yang akan dibahas adalah mengenai prediksi jumlah penumpang bus. Salah satu teknik yang ada pada data mining adalah estimasi. Teknik  estimasi yang akan digunakan adalah Regresi Linear Berganda metode ini dipilih karena mampu membuat suatu prediksi dengan memanfaatkan data-data lama mengenai jumlah penumpang. Metode Regresi Linear Berganda bertujuan untuk mermbuat persamaan regresi dan prediksi terbaik berdasarkan atribut atribut yang ada.

References

S. Gabungan et al., Riwayat Penulis. 2016.

P. S. Ramadhan and N. Safitri, “Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang,†vol. 18, no. 1, pp. 55–61, 2019.

N. Variabel, P. Terhadap, A. R. Muhajir, E. Sutoyo, and I. Darmawan, “Forecasting Model Penyakit Demam Berdarah Dengue Di Provinsi DKI Jakarta Menggunakan Algoritma Regresi Linier Untuk Mengetahui Kecenderungan Forecasting Model Penyakit Demam Berdarah Dengue Di Provinsi DKI Jakarta Menggunakan Algoritma Regresi Linier Untuk Mengetahui Kecenderungan Nilai Variabel Prediktor Terhadap Peningkatan Kasus,†no. November, 2019, doi: 10.21111/fij.v4i2.3199.

R. Sistem, “Jurnal resti,†vol. 2, no. 1, pp. 282–287, 2018.

R. Tinggal, P. Pt, and S. Jaya, “Regresi Linear Dalam Mengestimasi Jumlah Pemakaian Bahan Baku Dan Tenaga Pekerja Dalam Pembangunan,†pp. 67–78.

W. R. Maya, “Penerapan Data Mining Dalam Memprediksi Jumlah Penumpang Pada CV . Surya Mandiri Sukses Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier,†vol. 2, no. 1, pp. 54–61, 2019.

Downloads

Published

2021-01-30

URN