Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kualitas Spring bed Yang di Pasarkan di Sumatera Utara dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Authors

  • Christian Federico Panggabean STMIK Triguna Dharma
  • Marsono M STMIK Triguna Dharma
  • Ishak I STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.2024

Abstract

Dalam Perkembangan teknologi saat ini, perusahaan spring bed di Medan membutuhkan sistem kualitas spring bed yang diproduksi. Dikarenakan permasalahan yang sering terjadi adalah kualitas dari tiap spring bed pasti berbeda, untuk itu diperlukan adanya sistem yang dapat membantu dalam mengatur kualitas spring bed sebelum dipasarkan. Mengingat banyaknya kriteria yang digunakan dalam pengukuran kualitas spring bed,pihak perusahaan merasa kesulitan dalam memberikan keputusan tentang hasil kualitas spring bed yang diproduksiOleh sebab dibutuhkan  sebuah cara untuk mencari sebuah kelayakan dari suatu alternatif yang diinginkan sesuai dengan kriteria yang ditentukan perusahaan, hal ini mungkin dapat membantu perusahaan dalam menentukan kelayakan penerima kredit perabot sesuai dengan kriteria yangsebelumnya telah ditentukan oleh pihak Perusahaan spring bed . Ilmu tersebut disebut dengan Sistem Pendukung Keputusan, dimana Sistem Pendukung merupakan pasangan intelektual dari sumber daya manusia dengan kemampuan komputer untuk memperbaiki keputusan, yaitu sistem pendukung keputusan berbasis komputer bagi pembuat keputusan manajemen yang menghadapi masalah semi terstrukturHasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Fuzzy Tsukamoto yang dapat menganalisa kualitas spring bed yang akan dipasarkan.

References

K. Soraya, "Perancangan Aplikasi Pengukuran Kualitas Spring Bed Pada PT. Cahaya Bintang Selatan Menggunakan Metode Fuzzy Tahani," Konferensi Nasional Sistem Informasi.

Priranda Widara Ananta (06018099), 2 and Sri Winiarti (0516127501), "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI UNTUK KENAIKAN JABATAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE GAP KOMPETENSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERKASA JAYA COMPURETAIL," Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 1, no. e-ISSN: 2338-5197 , 2013.

A. Prayogi, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Jumlah Produksi Nanas Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto (Studi kasus PT.Great Giant Pineapple)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 6, 2018.

Y. Rijal, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENETAPAN TUNJANGAN PRESTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-TSUKAMOTO (Studi Kasus Di PT.Boxtime Indonesia)," JURNAL MATEMATIKA “MANTIKâ€, vol. 1, no. 2, 2016.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-21

URN