Penerapan Metode Merkle Hellman Untuk Pengamanan Data Nilai Siswa Pada SMKS Teladan Sumatera Utara 2

Authors

  • rananta berutu STMIK Triguna Dharma
  • Badrul Anwar A STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono T STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.1987

Abstract

Nilai merupakan suatu bentuk penghargaan  serta keadaan yang bermanfaat bagi siswa sebagai penentu dan acuan dalam melakukan suatu tindakan. Melalui penilaian, siswa dapat mengetahui sejauh mana telah berhasil mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru.Apakah siswa merasa puas atas hasil yang diperolehnya. Dan disini nilai dapat dimanipulasi atau diubah orang yang tidak bertanggung jawab.Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya pengamanan data nilai agar data tersebut tetap aman dan tidak dimanipulasi atau diubah oleh siapa pun yaitu dengan menggunakan dengan menggunakan kriptografi. Kriptografi merupakan seni dan ilmu untuk menjaga keamanan data dengan mengubahnya menjadi kode tertentu. Dan untuk penerapan kriptografi terdapat beberapa metode atau algoritma, salah satunya adalah Merkle Hellman.Dengan pembuatan Kriptografi, maka nilai yang dalam bentuk excel dapat diamankan menjadi kode tertentu dan tidak akan dapat diakses oleh siapapun kecuali yang bersangkutan.

References

B. A. B. Ii, T. Sistem, and P. Di, “Bab ii tinjauan tentang sekolah menengah atas 2.1.,†pp. 11–37, 2008.

A. N. Agustina, “PENGAMANAN DOKUMEN MENGGUNAKAN METODE RSA ( RIVEST SHAMIR ADLEMAN ) BERBASIS WEB,†pp. 14–19, 2015.

J. I. Mulawarman et al., “IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI PENGAMANAN DATA PADA PESAN TEKS , ISI FILE DOKUMEN , DAN FILE DOKUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION,†vol. 10, no. 1, 2015.

M. Simanjuntak, “Implementasi Algoritma Merkle Hellman untuk Keamanan Database,†vol. 4, no. 1, pp. 46–50, 2019.

F. Zuli and A. Irawan, “Implementasi Kriptografi Dengan Algoritma Blowfish dan Riverst Shamir Adleman ( RSA ) Untuk Proteksi File,†vol. 6, pp. 27–38, 2016.

P. Studi, T. Informatika, F. Ilmu, K. Universitas, and D. Bengkulu, “APLIKASI KRIPTOGRAFI PESAN MENGGUNAKAN ALGORITMA,†vol. 10, no. 2, pp. 120–128, 2014.

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-26

URN