PREDIKSI KREDIT MACET MELALUI PRILAKU NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PADA PT PEMODALAN NASIONAL MADANI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA KLASIFIKASI C4.5

Authors

  • Bagas Prasetia STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Muhammad Syahril, S.E., M.Kom MS STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Rini Kustini, S.S., M.S RK STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.1945

Abstract

PT.Pemodalan Nasional Madani merupakan salah satu kopersi simpan pinjam yang dinamakan PT.Pemodalan Nasional Madani. Koperasi ini memberikan modal atau pinjaman kepada nasabah dengan kewajiban membayar pinjaman. Oleh Karena itu dibutuhkan sebuah Data Mining untuk Prediksi Kredit Macet Melalui Prilaku Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Pada PT. Permodalan Nasional Madani Dengan Menggunakan Algoritma Klasifikasi C4.5. Hasil penelitian ini dapat membantu karyawan  dalam menentukan Kredit macaet yang harus diawasi dengan baik.Berdasarkan masalah diatas maka diperlukan suatu aplikasi berupa sistem data mining untuk memprediksi kredit macet yang nanti dapat digunakan oleh para karyawan PT.Pemodalan Nasioanal Madani.Hasil dari penelitian ini adalah pertama cara membangun aplikasi sistem data mining untuk prediksi kredit macet melalui prilaku nasabah pada koperasi simpan pinjam pada pt pemodalan nasional madani dengan menggunakan algoritma klasifikasi C4.5 pada  menggunakan bahasa pemrograman visual basic dan didukung oleh software Microsoft Access dan Crystal Report. Kedua cara menerapkan konsep Algoritma C4.5 untuk melakukan analisa kredit macet yaitu dengan melakukan perhitungan berdasarkan data-tada nasabah yang sudah ditentukan nilai atribut dan ketiga mengimplementasikan aplikasi yang telah diuji sehingga dapat membantu dalam meyampaikan informasi secara akurat kepada karyawan.

Author Biography

Bagas Prasetia, STMIK TRIGUNA DHARMA

Nama Bagas PrasetiaAlamat Jl. Bunga Mawar XVI No. 3A. Medan Baru

References

Santoso, T. B., & Sekardiana, D. (2019). Penerapan algoritma C4. 5 untuk penentuan kelayakan pemberian kredit (studi kasus: Koperia-koperasi warga komplek gandaria). Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi, 2(1).

Khasanah, S. N. (2017). Penerapan Algortima C4. 5 Untuk Penentuan Kelayakan Kredit. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 9-14.

Mardi, Y. (2017). Data Mining: Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4. 5. Edik Informatika, 2(2), 213-219.

Syakur Muhammad Luthfan. (2014). No Title. Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal Pada Grindulu Futsal Pacitan, 3 No 4, 29–36.

Downloads

Published

2022-07-22

URN