SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN FINGERROT ( TEMU KUNCI ) MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER

Authors

  • Erna Silalahi STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.1873

Abstract

Salah satu ciri khas dari temu kunci adalah aroma yang dikeluarkannya. Tak heran bila masyarakat Indonesia kemudian mengolahnya sebagai jamu yang dipercaya memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia [2]. Permasalahan yang terdapat pada saat proses pembudidayaan Temu kunci (Fingerroot) adalah sulitnya menanggulangi penyakit yang ada pada Temu kunci (Fingerroot) walaupun penyakit tanaman ini tidak terlalu merusak, sehingga sangat jarang petani menanam tanaman ini sebagai tanaman utama, selebihnya tanaman ini hanya digunakan sebagai tanaman selingan . Maka dari itu harus ada cara pengobatan dan penanggulangan pada penyakit dan hama untuk jenis Temu kunci  (Fingerroot) ini, termasuk pula cara pendeteksian awal penyakit dan hama tanaman ini juga harus cepat. Tujuan hal itu adalah untuk mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan oleh penyakit dan hama tanaman temu kunci tersebut sehingga hasil yang diperoleh bisa ditingkatkan. Dari permasalahan tersebut tentunya dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu PEMPROVSU UPT Benih Induk Tanaman Hias dan Biofarmaka dalam mengetahui penyakit dan hama tanaman temu kunci sejak dini sehingga penanggulangan dapat dilakukan dengan cepat. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu sistem yang mampu membantu mendiagnosa penyakit pada tanaman tersebut. Sistem yang mampu untuk menangani permasalahan tersebut adalah sistem pakarHasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar yang dapat digunakan dalam mendiagnosa penyakit pada tanaman temu kunci

Author Biography

Erna Silalahi, STMIK Triguna Dharma

Mohon Diperiksa ya Pak

References

M. Yonna Nurrachma, H. Fadliyah and E. Meiyanto, "Fingerroot (Boesenbergia pandurata) : A Prospective Anticancer Therapy FINGERROOT AND THE UTILIZATION BY THE SOCIETY," 2018.

E. D. Artanto, B. Sukamto and D. U. Atmomarsono, "PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG TEMU KUNCI (Boesenbergia pandurata ROXB.) DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMANS PADA AYAM BROILER (The Effect of feeding fingerroot (Boesenbergia pandurata ROXB.) Powder on Broiler Performance)," 2014.

N. Sari Br Sembiring and M. Dayan Sinaga, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Treponema Pallidum Application Of Dempster Shafer Method For Diagnosing Diseases Due To Treponema Pallidum Bacteria," 180. CSRID Journal, vol. 9, no. 3, 2017.

Mikha Dayan Sinaga, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella," Cogito Smart Journal, vol. 2, no. 2, pp. 94-107, 2016.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN