Implementasi Data Mining untuk Mengestimasi Jumlah Kunjungan Pasien RS Vita Insani Pematang Siantar dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Authors

  • Erfinna Simanungkalit STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Rini Kustini STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.1868

Abstract

Bedasarkan survey awal di RS Vita Insani Pematang Siantar pada tahun 2018 kunjungan pasien rawat jalan pada klinik umum, klinik spesialistik penyakit dalam dan klinik spesialis obsgin merupakan klinik dengan angka kunjungan pasien terbanyak dari klinik lain yaitu 44.718 pasien poly + UGD dan 19.585 pasien Termsuk ICU + Baby. Sedangkan klinik spesialistik bedah syaraf memiliki 3 pasien, spesialistik jantung 3 pasien dan spesialistik reumatik 1 pasien yang merupakan angka kunjungan paling sedikit dengan selisih yang jauh dari klinik spesialistik lain di RS Vita Insani Pematang Siantar tahun 2018. Sehingga pada 3 poli dengan jumlah kunjungan yang paling tinggi mengakibatkan antrian yang panjang sertakurang nyamannya pasien menunggu diruang tunggu poli karena ruang tunggu poli penuh sesak Dikarenakan  tingginya jumlah ataupun tingkat antrian yang terjadi di rumah sakit, maka pihak rumah sakit ingin Mengestimasi jumlah pasien dikemudian hari, tentunya agar pihak rumah sakit dapat mengantisipasi jika terjadinya jumlah antrian yang tinggi, dengan cara mempersiapkan pelayanan lebih di poliklinik tertentu sesuai dengan kepadatan antrian sehingga ruang poli dan perawat dapat kerja dengan maksimal dan pasien yang menunggu juga merasa nyamanMaka dari itu perlu adanya suatu sistem yang dapat menangani permasalahan tersebut yaitu dikenal sebuah cara untuk mengetahui nilai estimasi untuk jumlah kunjungan pasien di RS.Vita Insani. Ilmu tersebut adalah Data MiningHasil akhirnya adalah suatu aplikasi Data Mining yang dapat digunakan untuk untuk mengetahui nilai estimasi untuk jumlah kunjungan pasien di RS.Vita Insani.

Author Biography

Erfinna Simanungkalit, STMIK Triguna Dharma

Mohon Diperiksa ya Pak

References

Yuli Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi,†Jurnal Edik Informatika, nº ISSN : 2407-0491.

A. M. Alfannisa Annurullah Fajrin1, “PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR,†Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 5, nº ISSN: 2406-7857, 2018.

D. Firdaus, “Penggunaan Data Mining dalam Kegiatan Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer,†2017.

S. Sulistyono e W. Sulistiyowati, “Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda,†PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), vol. 1, nº 2, p. 82, 5 3 2018.

A. Rachman e d. Hadi Al Rasyid, “MODEL PERAMALAN KONSUMSI BAHAN BAKAR JENIS PREMIUM DI INDONESIA DENGAN REGRESI LINIER BERGANDAâ€.

D. Anggreni e J. Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau, “ANALISIS JUMLAH TENAGA KERJA TERHADAP JUMLAH PASIEN RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE REGRESI GULUD,†Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 12, nº 1, pp. 48-57, 2014.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN