Data Mining Untuk Mengestimasi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Kab. Serdang Bedagai Menggunakan Algoritma Regresi Linier Berganda

Authors

  • M Harmizi STMIK Triguna Dharma Medan
  • Azanuddin S.kom M.kom STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani S.Pd M.Si STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.1860

Abstract

Kepadatan kendaraan yang terus meningkat jumlahnya setiap tahunnya menyebabkan permasalahan lalu lintas diantaranya sering terjadinya kecelakaan. Timbulnya kecelakaan lalu lintas dijalan raya yang semakin tinggi diawali dengan perilaku pengendara yang melanggar aturan perundang-undangan lalu lintas yang ada.Untuk meninjau nilai keselamatan perlu dilakukan pemahaman terhadap karakteristik kecelakaan seperti dengan melakukan estimasi atau prediksi mengenai data kecelakaan lalu lintas. Dalam  perkembangan dunia komputer saat ini, ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mengestimasi kecelakaan lalu lintas berbasis komputerisasi diantaranya dengan regresi linier berganda.Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat membantu Polres Serdang Bedagai dalam mengestimasi tingkat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Serdang Bedagai. Sehingga diketahui faktor atau penyebab apa saja yang menjadi penyebab kecelakaan, sehingga. Hal ini tentunya untuk meminimalisir atau mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Serdang Bedagai.

References

Aztria Dharma and Bambang MT Edison, "Identifikasi Kecelakaan Lalu Lintas (Study Kasus Jalan Dalu-Dalu Sampai Pasir Pengaraian),".

"15912-ID-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-keparahan-korban-kecelakaan-lalu-lintas-di-kota".

Jurnal Sains and Dan Seni Its, "928X Print)," 2016.

Maritim Raja Ali Haji, Marisa Elsera, and Universitas Maritim Raja Ali Haji, "Makna Keteraturan Berlalu Lintas," vol. 4, no. 1, 2016.

Rini Astuti, "Rini Astuti Data Mining untuk Lasifikasi dengan Algoritma CART,".

Gunadi Widi Nurcahyo Dicky Nofriansyah, Algoritma Data Mining dan Pengujiannya. Yogyakarta, Indoensia:

Budi Utama, 2015

Retno Tri Wulandari, Data Mining Teori dan Aplikasi Rapidminer. Yogyakarta, Indonesia: Gava Media, 2017.

Eka Miranda, Hans Yonathan, Ivander G Lokanatha, ; Josep, And Benedictus Suryawan, "Data Mining Untuk Menganalisis Gagal Serah Dana Pada Transaksi Jual Beli Saham,".

"Estimasi Parameter Model Regresi Linier Pada Data Yang Mengandung Outlier Dengan Metode Maximum Likelihood Estimation,".

Amrin, "Data Mining Dengan Regresi Linier Berganda Untuk Peramalan Tingkat Inflasi," 2016.

Downloads

Published

2022-07-22

URN