Penerapan Data Mining Mengestimasi Biaya Operasional CV Yoga Solafide Finance Metode Regresi Linier Berganda

Authors

  • Nirmala Sari Lubis STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.1841

Abstract

Biaya operasional merupakan biaya – biaya yang tidak berhubungan langsung dengan produk perusahaan tetapi berkaitan langsung dengan aktivitas perusahaan. Pengelolaan biaya khususnya biaya operasional tidak lepas dari perencanaan dan pengawasan biaya itu sendiri. Besar kecilnya biaya akan beRp. engaruh langsung pada perhitungan laba rugi yang diperoleh pada akhir periode karena biaya itu sendiri merupakan unsur perhitungan laba rugi. Dalam pelaksanaan kegiatan pekerjaannya tentu saja CV Yoga Solafide Finance memerlukan biaya operasional yang dikeluarkan tiap bulannya. Terkadang pengeluaran biaya operasional yang tidak efektif dapat menyebabkan  penurunan profit perusahaan atau bahkan menimbulkan kerugian.Dalam Ilmu Komputer, dikenal sebuah cara untuk mengetahui nilai estimasi dari biaya operasional yang menjadi permasalahan pada CV Yoga Solafide Finance untuk membantu strategi penjualannya. Ilmu tersebut adalah Data Mining, dimana data mining merupakan bidang ilmu yang mengajarkan tentang pengolahan data-data yang besar dengan tujuan untuk mencari informasi yang bermanfaat dari data tersebut sehingga data yang menumpuk itu dapat bermanfaat. Menurut Yuli Mardi “Data mining adalah proses mencari pola atau informasi menarik dalam data teRp. ilih dengan menggunakan teknik atau metode tertentu. Teknik-teknik, metode-metode, atau algoritma dalam data mining sangat bervariasi. Pemilihan metode atau algoritma yang tepat sangat bergantung pada tujuan dan proses Knowledge Discovery in Database (KDD) secara keseluruhanHasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi dengan Metode Regresi Linier Berganda yang mampu mengestimasi biaya operasional pada CV Yoga Solafide Finance.

References

Ardansyah, "PENGARUH BIAYA OPERASIONAL DAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT. FIKA ABADI MANDIRI," Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 5, no. 2, 2015.

Yuli Mardi, "Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi," Jurnal Edik Informatika, no. ISSN : 2407-0491.

A. M. Alfannisa Annurullah Fajrin1, "PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 5, no. ISSN: 2406-7857, 2018.

Amrin, "DATA MINING DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK PERAMALAN TINGKAT INFLASI," Jurnal Techno Nusa Mandiri, vol. XIII, no. 1, 2016.

S. Sulistyono and W. Sulistiyowati, "Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda," PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), vol. 1, no. 2, p. 82, 5 3 2018.

A. Rachman and d. Hadi Al Rasyid, "MODEL PERAMALAN KONSUMSI BAHAN BAKAR JENIS PREMIUM DI INDONESIA DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA".

Downloads

Additional Files

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles

URN