Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pink Eye pada hewan kambing menggunakan metode Certainty Factor(CF)

Authors

  • leo Alpindo Ginting ginting STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Jaka Prayudha prayudha STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.1834

Abstract

Penyakit Pink Eye pada Kambing cenderung menerima remeh oleh peternakpeternak. Namun hal tersebut justru salah, karena penyakit Pink Eye pada Kambing bisa saja menimbulkan infeksi ke kambing lainnya, selain itu penyakit ini juga akan menurunkan bobot kambing dan juga menimbulkan kematian pada hewan kambing sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi bagi peternak seperti penurunan berat badan, dan penurunan produksi . Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem untuk dapat mendiagnosa penyakit Mata Merah Muda pada Kambing secara cepat dan tepat, sehingga peternak Kambing bisa lebih waspada dan mempersiapkan pengobatan pada Kambingnya agar tidak mengalami kerugian.Sistem yang dapat memecahkan masalah tersebut adalah Sistem Pakar. Dimana diketahui sistem pakar merupakan sebuah sistem yang mampu mengidentifikasi masalah dengan menggunakan keahlian seorang pakar yang telah ditanamkan kedalam sebuah sistem dengan menggunakan algoritma tertentu. Sistem pakar merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti yang diambil oleh seorang pakar, dimana Sistem pakar menggunakan pengetahuan (knowledge), fakta, dan teknik berfikir dalam menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya dapat diandalkan oleh seorang pakar dari bidang yang berhubunganHasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar dengan Metode Kepastian Faktor yang dapat membantu dari penyakit Pink Eye pada Kambing

References

N. Kahar and N. Lestari, "PENERAPAN METODE CERTAINTY FACTOR PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA AWAL PENYAKIT HEWAN TERNAK KAMBING," LP2M, vol. 1, no. 1, 2017.

A. Ardiansyah and L. Muflikhah, "Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Kambing Menggunakan Metode Dempster Shafer," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 8, pp. 2587-2594, 2018.

Febby Kesumaningtyas, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMENSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING STUDI KASUS (DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PADANG PANJANG)," Jurnal Ed ik Informatika, vol. 3, no. 2, 2016.

I. H. Santi and B. Andari, "Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah dengan Metode Certainty Factor," INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, p. 159, 1 7 2019.

H. T. Sihotang, "SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT KOLESTEROL PADA REMAJA DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR (CF) BERBASIS WEB," 2014.

Y. Yuliyana and A. S. R. M. Sinaga, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Menggunakan Metode Naive Bayes," Fountain of Informatics Journal, vol. 4, no. 1, p. 19, 10 5 2019.

E. Ongko, "Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Mata," 2013.

H. T. Sihotang, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN JAGUNG DENGAN METODE BAYES," 2018.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil and D. Sunardi, "Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT".

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-18

URN