Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Ikan Mujahir dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Santi Banjarnahor STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani E STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.1787

Abstract

Ikan Mujahir adalah pilihan ikan yang diminati masyarakat untuk dikonsumsi sehari-hari, karena rasanya enak, dan mudah ditemukan di pasar tradisional. Sejak dahulu Ikan Mujahir banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia dan merupakan sumber protein, vitamin serta mineral yang diperlukan oleh tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dalam proses mendiagnosa penyakit pada ikan mujair masih bersifat manual, yaitu dengan melihat keadaan ikan mujair di kolam setelah itu  baru di simpulkan oleh pemilik apa solusi atau penanganan dari penyakit tersebut.Dengan masalah tersebut maka di buatlah sistem pakar mendiagnosa penyakit ikan mujair dengan tujuan untuk membantu pihak Drh. Agus Rahayu dalam mendiagnosa penyakit ikan mujair.Sistem pakar merupakan sebuah sistem aplikasi yang memiliki kemampuan layaknya seperti berpikir seorang pakar dalam menyelesaikan  masalah terkait penyakit ikanmujair sehingga dapat menghasilkan  sebuah kesimpulan atau solusi. Hasil dari penelitian ini mendapatkan suatu keluaran berupa penyakit yang dialami serta solusi penanganan pada penyakit yang dialami dengan menggunakan metode teorema bayes, sehingga dapat membantu Drh. Agus Rahayu dalam menangani penyakit ikan mujair.

References

Cut Nurlaila Sari , Zuhrawati NA , Nuzul Asmilia, " PROFIL HEMATOLOGI IKAN MUJAIR (Oreochromis mossambicus) YANG TERPAPAR MERKURI KLORIDA (HgCl2)," 2017.

M. Puji Sari Ramadhan and M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Cetakan Pertama ed., Fungy, Ed., 2018.

M. J. Effendi, M. Triawan and S. Musirawas Lubuklinggau, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KOPI BERBASIS WEB," 2019.

Putu Febrina Ambara Dewi , I G. A. Ari Widarti, Desak Putu Sukraniti, " PENGETAHUAN IBU TENTANG IKAN DAN POLA KONSUMSI IKAN PADA BALITA DI DESA KEDONGANAN KABUPATEN BADUNG,"2018

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN