Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Keuntungan Pada Penjualan Baju Bangkok Di Oby Collection Menggunakan Metode Algoritma C5.0

Authors

  • safitri ningsih
  • darjat saripurna
  • milfa yetri

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.1760

Abstract

Oby Collection di dalam memprediksi keuntunga penjualan hanya menggunakan perhitungan manual, sehingga ada beberapa masalah di antaranya kesalahan dalam menentukan keuntungan dan hasil yang di dapat tidak maksimal. Hal ini tentu berdampak pada keuntungan yang akan di dapat. Dari kondisi tersebut, beberapa literatur atau sumber terkait dengan prediksi diantaranya menyarankan menggunakan sistem data mining.Dalam data mining konsep multikriteria dapat di gunakan beberapa algoritma salah satunya ialah algoritma C5.0. Untuk memperjelas bahwasanya algoritma C5.0 dapat di gunakan dalam permasalahn multikriteria di ambil beberapa referensiSistem hal yang baru yang ada Toko Oby Collection adalah sistem yang berbasis data mining mengadopsi algoritma C5.0 yang mampu menyelesaikan masalah khususnya dalam hal memprediksi keuntungan pada penjualan pakaian....Kata Kunci : Data Mining,  C5, Penjualan

References

A. Nurlifa dan S. Kusumadewi, “Sistem Peramalan Jumlah Penjualan Menggunakan Metode Moving Average Pada Rumah Jilbab Zaky,†vol. 2, no. 1, hal. 2017.

R. A. #1, E. Yuliani, Q. Mawaddah, dan D. F. Ardhana, “Analisis Data Penjualan Perusahaan Detergen XYZ dengan Aplikasi Zoho Reporting Menggunakan Metode OLAP (Online Analytical Processing),†J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 3, no. 1, 2017.

I. M. Kamal, T. Hendro, dan R. Ilyas, “PREDIKSI PENJUALAN BUKU MENGGUNAKAN DATA MINING DI PT. NIAGA SWADAYA,†2017.

F. Hadi, S. Kom, dan M. Kom, “PENERAPAN DATA MINING DALAM MENGANALISA PEMBERIAN PINJAMANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA C5.0 (STUDI KASUS : KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH KELURAHAN LAMBUNG BUKIK),†vol. 4, no. 2, hal. 214–223, 2017.

P. W. Kastawan, D. M. Wiharta, dan M. Sudarma, “Implementasi Algoritma C5.0 pada Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil,†Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 17, no. 3, hal. 371, Des 2018.

A. C. Wijaya, N. A. Hasibuan, P. Ramadhani“Implementasi Algoritma C5.0 Dalam Klasifikasi Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus: Kelurahan Mesjid Kecamatan Medan Kota),†vol. 13, no. 2, Mei, 2018.

R. Manik dan K. Tampubolon, “Prediksi Kolektibilitas Kredit Anggota Dengan Algoritma C5.0 (Studi Kasus: CU Damai Sejahtera Medan),†2018.

D. Ayu Wahyuning Dewi dan I. Cholissodin, “Klasifikasi Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak Menggunakan Algoritme C5.0,†2019.

R. Amegia Saputra dan L. Saumi Ramdhani, “PENERAPAN METODE ITERATIVE DICHOTOMIZER 3 (ID 3) UNTUK MENENTUKAN BEASISWA BERPRESTASI PADA SMP PGRI CARINGIN SUKABUMI,†Maret, vol. 15, no. 1, hal. 35, 2019.

R. Nurmalina, J. A. Yani Km, T. Laut, dan K. Selatan, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),†2017.

Downloads

Published

2022-07-27

URN