Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Gambas (Luffa Acutangula) Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Endi Gunawan STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Mukhlis Ramadhan STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Elfitriani E STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.1746

Abstract

anaman Gambas atau oyong merupakan tanaman semusim (annuals crop) yang tumbuh pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Bagian tanaman yang dimanfaatkan adalah buahnya yang masih muda. Buah Gambas digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit Liver dan penyakit kulit, luka dan lain sebagainya yang tercatat dalam sejarah Tiongkok dan Yunani kuno dan di pasar-pasar tradisional jenis sayuran ini banyak tersedia. Hal ini menandakan bahwa gambas adalah salah satu jenis sayuran yang digemari dan mempunyai banyak konsumen. Agar mudah dalam mengenali dan mengetahui penyakit ini maka dibuatlah sebuah program Sistem Pakar. Sistem Pakar adalah sistem yang dapat mengadopsi pengetahuan manusia ke dalam komputer agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli atau pakar. Bagi para ahli ataupun pakar, Sistem Pakar ini akan sangat membantu sebagai asisten yang sangat berpengalaman. Dalam penyelesaian masalah terkait pendiagnosaan ini, metode yang digunakan adalah Certainty Factor. Metode Certainty Factor ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami dan memiliki tingkat keakuratan yang baik.

References

E. Amilia, B. Joy, and S. Sunardi, “Residu Pestisida pada Tanaman Hortikultura (Studi Kasus di Desa Cihanjuang Rahayu Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat),†Agrikultura, vol. 27, no. 1, pp. 23–29, 2016, doi: 10.24198/agrikultura.v27i1.8473.

K. A. Wcaksana and S. Ashari, “Potensi Hasil Oyong (Luffa acutangula) Berdasarkan Letak Benih,†J. Produksi Tanam., vol. 6, no. 6, pp. 966–971, 2018

H. T. Sihotang, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor ( Cf ) Berbasis Web Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja,†vol. 15, no. June 2014, pp. 16–23, 2017.

S. Kasus, P. T. Indah, and K. Pulp, “kecelakaan kerja dengan menggunakan,†vol. 3, no. 1, 2016.

S. P. Dewi, D. R. Lestari, and T. R. Lestari, “sistem pakar diagnosis penyakit ikan koi Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( komputa ),†J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 25–32, 2015.

P. Syahromi, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Leptospirosis Menggunakan Metode Certainty Factor dengan Penelusuran Forward Chaining,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), pp. 108–112, 2016.

V. Y. Luchytsky and E. V. Luchytskyy, “sistem pakar untuk mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman kopi arabika dengan menggunakan metode certainty factor,†Int. J. Endocrinol., vol. 2, no. 2, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-30

URN