E-Diagnosa Penyakit Obsessive Compulsive Disorder (Gangguan Fikiran Negative) Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Muhammad Fauzan STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Moch. Iswan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.1731

Abstract

Ada berbagai macam gangguan kecemasan salah satunya adalah Obsessive Compulsive Disorder (OCD) gangguan Obsessive Compulsive berasal dari 2 kata yaitu Obsession dan Compulsion. Obsession adalah fikiran, ide, atau dorongan yang kuat dan berulang yang sepertinya berada diluar kemampuan seseorang untuk mengendalikannya (APA,2000:dalam nevid,dkk,2003). Sedangkan Compulsion adalah tingkah laku yang repetitive (seperti mencuci tangan atau memeriksa kunci pintu dan gembok) yang dirasakan oleh seseorang sebagai suatu keharusan atau dorongan yang harus dilakukan (APA,2000:dalam nevid,dkk,2003).Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Obsessive Compilsive Disorder (Gangguan Fikiran Negative) untuk memudahkan para psikolog dalam mendiagnosa pasien sehingga membantu psikolog untuk mengambil keputusanSistem pakar ini dapat dipergunakan sebagai alat bantu bagi psikolog atau para ahli untuk mendiagnosa penyakit gangguan fikiran negative, yaitu Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Sistem Pakar ini juga dapat digunakan untuk mempercepat pencarian dan pengaksesan terhadap pengetahuan oleh orang-orang yang membutuhkan informasi mengenai gangguan fikiran negative atau Obsessive Compulsive Disorder (OCD).

References

"Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012," vol. 9, 2017.

"Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara," Tira Nur Fitria, vol. 3, p. 4, Maret 2017.

"Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012," vol. 9, 2017.

"Implementasi Algoritma Kriptografi Rivest Shamir Adleman (RSA) pada Tanda Tangan Digital," Yusuf Anshori, vol. 18, Mei 2019.

"Implementasi Keamanan Pesan Teks Menggunakan Kriptografi Algoritma Rsa Dengan Metode Waterfall Berbasis Java," Rudi Firmansyah, vol. 4, p. 1, 2019.

" I Ketut Putra Yasa, "Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Hama Tanaman Jahe Meggunakan Teorema Bayes," Jurnal Ilmiah DASI, vol. 16, pp. 27-31, 2015.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-27

URN