Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemasangan Behel Pada Remaja Menggunakan Metode Moora ( Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis )

Authors

  • Anis Yulia STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Muhammad Syahril SRMIK TRIGUNA DHARMA
  • Suharsil S STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.1713

Abstract

Gigi adalah salah satu struktur berkalsifikasi dan keras yang terdapat di dalam mulut manusia dan hewan vertebrata. Strukturnya yang bervariasi memungkinkan gigi melakukan banyak fungsi. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan. Secara umum, dari segi medis, kawat gigi berfungsi memperbaiki: jarak antar gigi yang terlalu renggang, masalah rahang lain yang menyebabkan gigitan menjadi tidak rata, gigi yang berdesakan atau tumbuh bengkok, serta gigi depan rahang atas yang tumbuh tidak sejajar (lebih ke depan atau ke belakang) dibandingkan gigi depan rahang bawah. Selain memperbaiki penampilan, gigi yang rata dapat membuat Anda bicara lebih jelas dan bisa mengunyah atau menggigit makanan lebih baik. Untuk mencapai hasil maksimal, setiap orang membutuhkan jenis kawat gigi berbeda sesuai kebutuhannya. Diperlukan suatu aplikasi berupa sistem pendukung keputusan untuk kelayakan pemasanagan behel pada remaja dengan menggunakan metode moora ( Multi Objectiv Optimization On The Basis Of Ratio Analysis ). Yang nantinya dapat digunakan oleh Klinik Dokter Gigi Iskandar Muda ( Dokter Gigi – Ortodontist ) untuk lebih cepat mengetahui jenis behel yang layak digunakan remaja.Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan guna pengambil keputusan jenis behel yang layak menggunakan metode moora, dengan memperhatikan kriteria yang sudah diberikan nilai pada setiap kriteria. Dimana nilai kriteria didapat dari Klinik Dokter Gigi Iskandar Muda ( Dokter Gigi – Ortodontist ).

References

E. D. A. N. B. I, P. Fungsi, B. Gigi, S. Kasus, and M. Kota, “Analisa Pengaruh Social Climber Dan Lifestyle Terhadap Perubahan Fungsi Behel Gigi (Studi Kasus Masyarakat Kota Madiun),†no. 1, pp. 11185–11200, 2019.

M. Faisal, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Kawat Gigi (Behel) Pada Mahasiswa Fekonsos Uin Suska Riau,†2012.

K. N. A. Nur, S. R. Andani, and P. Poningsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Operator Seluler Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (Moora),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 61–65, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.942.

D. W. T. Putra and M. Epriyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepeda Motor Jenis Sport 150Cc Berbasis Web Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (Ahp),†J. Teknoif, vol. 5, no. 2, pp. 16–24, 2017, doi: 10.21063/jtif.2017.v5.2.16-24.

A. R. Bilia, D. Salvini, G. Mazzi, and F. F. Vincieri, “Characterization of calendula flower, milk-thistle fruit, and passion flower tinctures by HPLC-DAD and HPLC-MS,†Chromatographia, vol. 53, no. 3–4, pp. 210–215, 2000, doi: 10.1007/bf02491573.

C. Irwana, Z. F. Harahap, and A. P. Windarto, “Spk: Analisa Metode Moora Pada Warga Penerima Bantuan Renovasi Rumah,†J. Teknol. Inf. MURA, vol. 10, no. 1, p. 47, 2018, doi:

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-21

URN