Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Bakteri Pada Susu Sapi Perah Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Rizky Erlangga Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Sanima s STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.1709

Abstract

Susu adalah cairan yang berasal dari ambing sapi sehat dan bersih, yang di peroleh dengan cara pemerahan yang benar, yang kandungan alaminya tidak dikurangi atau ditambah sesuatu apapun dan belum mendapat perlakuan apapun. Bakteri adalah mikroorganisme yang sangat berpengaruh terhadap kualitas susu sapi perah. Bakteri tersebar luas di lingkungan (di udara,air, dan tanah, dalam usu binatang, pada lapisan yang lembab, pada mulutm hidung atau tenggorokan, pada permukaan tubuh atau tumbuhan). Sistem pakar adalah sistem yang mengadopsi pengetahuan dari seorang pakar atau ahli ke sebuah komputer agar dapat menyelesaikan sebuah masalah seperti yang dilakukan oleh para pakar atau ahli. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi bakteri pada susu sapi perah adalah metode Certainty Factor dimana dengan menggunakan metode ini nantinya dapat memperoleh suatu keyakinan atau fakta dalam mengidentifikasi bakteri pada susu sapi perah.Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Bakteri Pada Susu Sapi Perah Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor yang dapat menentukan bakteri pada susu sapi perah sebanyak 3 jenis bakteri beserta 9  ciri-ciri, dan juga solusi beserta nilai kepastian atau keyakinan dari bakteri yang ada pada susu sapi perah. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi layak dan dapat digunakan. 

References

N. S. ioteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UniverAnindita*, dan D. S. Soyi, and D. B, “in Yogyakarta,†vol. 19, no. 2, pp. 96–105, 2017.

“Identifikasi Dan Pemeriksaan Jumlah Total Bakteri Susu Sapi Segar Dari Koperasi Unit Desa Sari Wijayanti K 100050024 Fakultas Farmasi,†2009.

M. Arhmi, Konsep Dasar Sistem Pakar. Andi, 2004.

T. Kazui et al., “Minimally invasive approach for percutaneous CentriMag right ventricular assist device support using a single PROTEKDuo Cannula,†J. Cardiothorac. Surg., vol. 11, no. 1, 2016, doi: 10.1186/s13019-016-0515-y.

R. Grahtika, “Identifikasi Dan Pemeriksaan Jumlah Total Rio Grahatika Fakultas Farmasi,†pp. 0–25, 2009.

A. Fadli, “Sistem Pakar Dasar,†pp. 1–8, 2010.

T. Academy, R. Academy, and S. S. Trakt, “No Analisis struktur kovarian Titl untuk indeks terkait kesehatan di rumah lansia yang berfokus pada sensasi kesehatan subjektif,†pp. 1–21, 2003.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-21

URN