Implementasi Kriptografi dalam Pengamanan Data Laba Penjualan pada PT. Efata Indonesia Tour & Travel dengan Metode Merkle Hellman

Authors

  • Herman Efendi STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Faizal Taufik STMIK TRIGUNA DHARMA
  • devri suherdi STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.1672

Abstract

Data laba penjualan merupakan data yang menyimpan arsip tentang laba bersih (net profit) yang telah dikurangi biaya-biaya yang menjadi beban perusahaan dalam suatu periode tertentu termasuk pajak. Penjualan dan laba pada perusahaan merupakan suatu hal yang sifatnya internal dan tidak semua pihak boleh mengetahuinya, keuntungan yang diperoleh perusahaan tidak akan dibocorkan termasuk kepada karyawan, terkecuali pada karyawan bagaian keuangan.         Berkembangnya cabang ilmu yang mempelajari tentang cara-cara pengamanan data merupakan dampak positif dari tuntutan tersedianya sistem keamanan data yang berfungsi untuk melindungi data yang ditransmisikan atau dikirimkan melalui suatu jaringan  komunikasi. Kriptografi merupakan ilmu yang mempelajari tehnik-tehnik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan data dan informasi seperti keabsahan data, integritas data, serta autentifikasi data. Sistem keamanan data yang akan di bangun berbasis desktop dan menggunakan Algoritma Markle Hellman.        Dengan membangun sistem Algoritma Markle Hellman diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengamankan data laba penjualan secara baik, aman dan cepat, sehingga informasi yang ada pada berkas tersebut tidak dapat diketahui oleh pihak lain yang tidak berkepentingan.

References

Denny Putri Hapsari, "ANALISIS PENJUALAN BERSIH, BEBAN UMUM & ADMINISTRASI TERHADAP LABA TAHUN BERJALAN," Jurnal Akuntansi, vol. 5, no. 1, 2018.

M. E. A. Ely Setyo Astuti, Binar Prihadmantyo, "IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI MERKLE HELLMAN DAN METODE," Jurnal Teknologi Informatika dan Terapan , vol. 4, no. 2, pp. 81-87, 2017.

DediLeman, "METODE MERKLE HELLMAN UNTUK ENKRIPSI DAN DEKRIPSI PESAN WHATAPP," RiauJournalofComputerScience, vol. 6, no. 1, 2020.

L. Purba and G. Leonarde Ginting, "Aplikasi Enkripsi dan Dekripsi Teks Menggunakan Algoritma Merkle Hellman," MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), vol. 4, no. 1, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles

URN