Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Kerusakan Mesin Sepeda Motor Yamaha X-MAX Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Rhandy Pascal Sihotang
  • Kamil Erwansyah
  • Dedi Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.1668

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh pengguna motor Yamaha X-MAX adalah kurangnya informasi mengenai gejala kerusakan pada motor tersebut. Jika terjadi kerusakan sepeda motor penguna harus datang ke bengkel karena teknisi hanya berada ditempat meskipun kerusakan yang terjadi hanya kerusakan kecil. Jika sepeda motor mengalami kerusakan mendadak dilokasi yang jauh dari bengkel maka pengguna sepeda motor akan sangat kesulitan untuk membawa sepeda motornya ke bengkel. Dalam mengatasi masalah tersebut dibutuhkan suatu sistem yang dapat menggantikan peran seorang pakar ketika tidak dapat melakukan deteksi secara langsung terhadap motor yang akan di periksa. Sistem ini dapat membantu pakar dan pemilik ataupun pengguna dalam mendeteksi kerusakan sepeda motor Yamaha X-MAX. Sehingga penanganan dan tindakan dapat segera dilakukan jika motor tersebut mengalami kerusakan. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi sistem pakar yang mengadopsi metode certainty factor dimana dengan memilih gejala yang ada maka sistem akan menampilkan hasil identifikasi berupa nilai CF kerusakan sepeda motor Yamaha X-MAX dalam bentuk dokumen hasil deteksi dan laporan.

References

Sari Iswanti, "Implementasi Metode Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor," Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 14, pp. 39-45, 2019.

Viviliani, "Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Bayi Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android," Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 5, pp. 1-13, 2019.

Wita Yulianti, "Sistem Pakar Dengan Metode Certainty Factor Dalam Penentuan Gaya Belajar Anak Usia Remaja," Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, vol. 10, pp. 120-130, 2019.

Indyah Hartami Santi, "Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah dengan Metode Certainty Factor," Intensif, vol. 3, pp. 159-177, 2019.

Anggri Sartika Wiguna, "Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Sepeda Motor Matic Injeksi Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android," Smartics, vol. 3, pp. 25-30, 2017.

Yuswandi, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kepiting Bakau Menggunakan Metode Forward Chaining," Perangkat Lunak, vol. 1, pp. 22-32, 2019.

Minda Septiani, "Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Saluran Pernapasan Pada Anak (Studi Kasus : RSAB Harapan Kita Jakarta)," Sinkron, vol. 2, pp. 23-27, 2019.

Thofik Hidayat, "Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor," vol. 7, pp. 114-117, 2019.

Zulfi Azhar, "Pendeteksian Kerusakan Sepeda Motor Dengan Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurteksi, vol. 5, pp. 167-174, 2019.

Downloads

Published

2018-06-25

Issue

Section

Articles

URN