PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING PADA DATA MINING UNTUK MENENTUKAN GENRE MUSIK LAGU DI RADIO JOY 101 FM

Authors

  • Yemima Purba STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Jaka Prayudha STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Azanuddin A STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.1646

Abstract

Radio Joy 101 FM Medan berdiri tahun 2009 sampai saat ini adalah sebuah radio khusus lagu rohani kristen, dengan slogan the Spirit Of Joy Unlimitied dan berbasis modern christian radio. Satu-satunya radio kristen yang masih berdiri dan banyak penggemarnya di kota Medan. Radio Joy 101 FM memiliki 4 penyiar yang setiap harinya bertugas untuk melayani penggemar dalam pemutaran lagu rohani. Banyak nya lagu yang ada di database komputer membuat pegawai tidak bisa menghafal jenis musik yang ada.Untuk menentukan genre musik lagu di Radio Joy 101 FM maka dibutuhkan data lagu yang akan menjadi acuan di dalam proses pengelompokkan. K-Means Clustering adalah metode dari keilmuan Data Mining untuk mengelolah Big Data guna memperoleh satu pengetahuan baru atau informasi baru. Keilmuan ini digunakan untuk mengatasi masalah yang terjadi di radio Joy 101 FM. Penelitian ini menggunakan metode K–Means Clustering yang berfungsi untuk meminimalisasikan objek fungsi yang diatur dalam proses pengelompokan dengan cara meminimalkan variasi antara data yang ada di dalam suatu kelompok dan memaksimalkan variasi dengan data yang ada di kelompok lainnya. Dengan membangun sistem ini dapat membantu pihak Radio Joy 101 FM untuk lebih mudah dalam mengelompokkan genre musik lagu.

Author Biography

Yemima Purba, STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Lada 8 P.Simalingkar Medan

References

B. E. Purnama, “Sistem Komunikais Data Menggunakan Gelombang Radio,†J. Speed - Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, 2010.

M. McCool, A. D. Robison, and J. Reinders, “K-Means Clustering,†in Structured Parallel Programming, 2012.

S. Džeroski, “Data Mining,†in Encyclopedia of Ecology, Five-Volume Set, 2008.

M. G. Sadewo, A. P. Windarto, and D. Hartama, “PENERAPAN DATAMINING PADA POPULASI DAGING AYAM RAS PEDAGING DI INDONESIA BERDASARKAN PROVINSI MENGGUNAKAN K-MEANS,†pp. 60–67, 2016.

N. A. Hasibuan et al., “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENGATURAN LAYOUT,†vol. 4, no. 4, pp. 6–11, 2017.

S. Kasus, U. Dehasen, S. Haryati, A. Sudarsono, and E. Suryana, “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI MASA STUDI MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA C4 . 5,†vol. 11, no. 2, pp. 130–138, 2015.

S. Kasus, P. Pt, G. Gunadi, and D. I. Sensuse, “PENERAPAN METODE DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP DATA PENJUALAN PRODUK BUKU DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FREQUENT PATTERN GROWTH ( FP-GROWTH ) :,†vol. 4, no. 1, 2012.

P. Bidang, K. Sains, Y. Mardi, J. Gajah, M. No, and S. Barat, “Jurnal Edik Informatika Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4 . 5 Data mining merupakan bagian dari tahapan proses Knowledge Discovery in Database ( KDD ) . Jurnal Edik Informatika.â€

J. Informatika, W. Mega, and P. Dhuhita, “CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE K-MEANS UNTUK,†vol. 15, no. 2, 2015.

J. Bianglala and I. Vol, “Penerapan Metode,†vol. 3, no. 1, 2015.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN