Implementasi Kriptografi Untuk Pengamanan Data Produksi Harian Dengan Algoritma Data Encryption Standard (DES) Pada PT. Cogindo

Authors

  • Budi Nasra Laia
  • Nurcahyo Budi Nugroho
  • Zulfri Halim

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.1611

Abstract

Algoritma Data Encryption Standard (DES) merupakan algoritma simetris yaitu algoritma yang memiliki dua kunci yang sama untuk proses enkripsi dan dekripsinya. Algoritma ini banyak digunakan dalam permasalahan keamanan data. Salah satu pilihan untuk penerapan algoritma Data Encryption Standard (DES) dapat digunakan dengan metode sistem Block Cipher. Untuk meneliti kemampuan algoritma Data Encryption Standard (DES) dalam melakukan pengamanan data produksi harian yang ada di PT.Cogindo. Pengamanan  data produksi harian yang dilakukan terkait produksi pagi, siang malam yang diterapkan proses enkripsi sehingga menghasilkan data yang tidak dapat dibaca lagi dalam bentuk chipertext. Proses enkripsi ini dilakukan menggunakan kunci internal sebanyak 64 bit menjadi 56 bit kunci internal. Untuk melihat data produksi harian adalah dengan mendekripsikan data terssebut kembali dengan kunci yang sama. Hasil dari analisa pengamanan data yang dilakukan kemudian diimplementasikan kedalam bentuk pemrograman Visual basic 2012.

References

David Pratama Pahrizal, IMPLEMENTASI ALGORITMA RSA UNTUK PENGAMANAN DATA BERBENTUK TEKS, p. 44, Feb. 2016.

Murti Ningsih, PENGARUHPERKEMBANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0DALAM DUNIA TEKNOLOGI DI INDONESIA, pp. 2-9.

Fachruddin,Dina Fitra Murad,Hetty Rohayani AH,Pandapotan S Erick Fernando, "AnalisaDanImplementasiAlgoritmaEnkripsiSimetrisDataEncryptionStandard(DES)PadaRaspberryPi," vol. XI, pp. 55-56, mei 2019.

Deny adhar, IMPLEMENTASI ALGORITMA DES (DATA ENCRYPTIONSTANDARD) PADAENKRIPSIDANDESKRIPSISMSBERBASISANDROID, vol. 3, pp. 53-57, Juli 2019.

Oris Krianto Sulaiman, Mohamad Ihwani, and Salman Fajar Rizki, "MODEL KEAMANAN INFORMASI BERBASIS TANDA TANGAN DIGITAL DENGAN DATA ENCRYPTION STANDARD (DES) ALGORITHM,".

Downloads

Published

2020-01-25

URN