Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Williams Syndrome Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Febrina Novalia Munthe SMTMIK TRIGUNA DHARMA
  • Darjat Saripurna STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Milfa Yetri

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.1566

Abstract

Williams Syndrome bisa saja terjadi karena perubahan atau mutasi genetik, namun penyebab terjadinya mutasi genetik tersebut belum diketahui. Kelainan genetik pada Williams Syndrome dapat diwariskan dari orang tua maupun terjadi secara spontan. Penyakit bisa saja diturunkan dengan cara autosomal dominant, yang artinya dapat diturunkan hanya dari salah seorang dari orang tua yang membawa kelainan gen tersebut. Pada beberapa kasus, anak yang menderita Williams Syndrome memerlukan penanganan dari dokter seumur hidup. Namun dengan pengobatan yang tepat, penderita Williams Syndrome tetap dapat hidup normal seperti anak-anak lainnya.. Oleh sebab itu orang tua juga harus tahu penyakit anaknya apakah Williams Syndrome atau bukan. Akan tetapi tidak mudah untuk mengetahui golongan dari penyakit Williams Syndrome ini. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat dengan mudah digunakan oleh para orang tua untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai Williams Syndrome. Sistem tersebut adalah sistem pakar.Pada permasalahan yang dibahas, dapat menerapkan Sistem Pakar salah satunya ialah metode Certainty Factor dalam mengetahui penyakit.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar dengan Metode Certainty Factor yang dapat membantu mengetahui penyakit anak William Syndrome.

References

A. C. Braga, L. R. R. Carreiro, T. L. Tafla, N. M. G. Ranalli, M. F. Costa e Silva, R. S. Honjo, C. A. Kim and M. C. T. V. Teixeira, "Cognitive and behavioral profile of Williams Syndrome toddlers," CODAS, vol. 30, no. 4, 2018.

B. F. Yanto, I. Werdiningsih and E. Purwanti, "Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Anak Bawah Lima Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining," Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. 3, no. 1, p. 61, 28 4 2017.

Febby Kesumaningtyas, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMENSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING STUDI KASUS (DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PADANG PANJANG)," Jurnal Edik Informatika, vol. 3, no. 2, pp. 95-102, 2018.

I. H. Santi and B. Andari, "Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah dengan Metode Certainty Factor," INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, p. 159, 1 7 2019.

AMERICAN ACADEMY OF PEDIATRICS, "Health Care Supervision for Children With Williams Syndrome," AMERICAN ACADEMY OF PEDIATRICS, 2001.

Downloads

Published

2021-10-30

URN