Sistem Kendali Penyiraman Urinoir Otomatis Dengan Metode Fuzzy Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Muhammad Ardiyansah STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Dedi Setiawan STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Milfa Yetri STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.1526

Abstract

Urinoir merupakan salah satu alat sanitasi yang berguna sebagai tempat buang air kecil (BAK) khususnya untuk kaum pria, yang mana limbahnya dapat langsung dialirkan ke selokan atau tempat penampungan. Pada umumnya penggunaan urinoir masih dilakukan penyiraman secara manual, dengan cara menekan tuas yang terletak diatas urinoir. kesadaran pengguna dalam menjaga kebersihan urinoir masih sangat memprihatinkan. Dimana setelah selesai buang air kecil kebanyakan penggunanya lupa atau tidak menekan tuas untuk  menyiram. Sehingga menimbulkan aroma tak sedap yang dapat membuat  ketidak  nyamanan dan memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan masyarakat. Padahal dengan keadaan urinoir dengan aroma tak sedap dapat menimbulkan bakteri-bakteri dan bibit-bibit penyakit. Urinoir yang kotor dengan aroma tak sedap dapat menimbulkan beberapa penyakit, diantaranya diare, gangguan pernafasan, tifus dan disentri. Penggunaan urinoir dengan cara penyiraman manual masih belum efektif untuk membuat keadaan menjadi baik, maka dibutuhkan sistem penyiraman urinoir otomatis untuk membantu menjaga kebersihan  dan aroma yang tak sedap. Untuk mewujudkan sistem kendali penyiraman urinoir otomatis dapat memanfaatkan teknologi yang saat ini semakin berkembang yaitu dengan menggunakan mikrokontroler. Diharapkan dengan bantuan mikrokontroler sebagai kontrol sistem kendali penyiraman urinoir otomatis dapat membantu mewujudkan kualitas toilet yang bersih, baik dan layak pakai.

References

J. K. Masyarakat, “No Title,†vol. 3, no. April, pp. 777–786, 2015.

A. Prihantono, F. T. Informasi, J. S. Komputer, and U. I. Balitar, “K o p u d s u d a u,†vol. 12, no. 2, pp. 1–7, 2018.

R. Sulistyowati, H. A. Sujono, and A. K. Musthofa, “Sistem pendeteksi banjir berbasis sensor ultrasonik dan mikrokontroler dengan media komunikasi sms gate way,†no. January, 2015.

M. A. Atmega, “Elevator atau Lift,†vol. 4, no. 3, pp. 100–112, 2013.

P. Bidang and K. Sains, “Jurnal Edik Informatika Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Fuzzy Logic Untuk Menseleksi Mahasiswa Penerima Beasiswa Jurnal Edik Informatika,†2010.

S. Suhu, S. Cahaya, D. S. Hujan, S. R. U. A. S. St, D. J. M. St, and M. Eng, “Rancang Bangun Rumah Pintar Otomatis Berbasis,†vol. 5, no. 1, 2016.

U. Suryadarma, “Jurnal Teknologi Elektro , Universitas Mercu Buana RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN RUMAH MENGGUNAKAN RELAY Muhamad Saleh Program Studi Teknik Elektro Universitas Suryadarma , Jakarta Program Studi Teknik Elektro ISSN : 2086 †9479,†vol. 8, no. 3, pp. 181–186, 2017.

P. Studi, T. Mesin, F. Teknik, U. Mercu, and B. Jakarta, “ANALISA KEBUTUHAN JENIS DAN SPESIFIKASI POMPA UNTUK SUPLAI AIR BERSIH DI GEDUNG KANTIN BERLANTAI 3 PT ASTRA DAIHATSU MOTOR,†vol. 05, no. 3, pp. 30–38, 2016.

Downloads

Published

2022-07-21

URN