Implementasi IoT Pada Latihan Kecepatan Akselerasi Siswa Sekolah Sepakbola Usia 13 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursik.v3i5.9286Keywords:
, IOT (Internet of Things), Latihan Kecepatan Akselerasi, NodeMcu ESP32, Contrrolling, MonitoringAbstract
Sepak bola merupakan olahraga tim yang membutuhkan kecepatan, kelincahan, daya tahan, dan reaksi yang cepat. Usia 10-13 tahun diidentifikasi sebagai periode krusial untuk meningkatkan kualitas teknik dan keterampilan pemain sepak bola. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode latihan kecepatan akselerasi pada siswa sekolah sepak bola usia 10-13 tahun dengan mengintegrasikan sistem berbasis Internet Of Things (IoT) yang terhubung dengan sebuah website. Dalam penelitian, metodologi metode perancangan sistem yang digunakan yaitu Research and Development, dengan menggunakan Nodemcu Esp32 sebagai mikrokontroler dengan menerapkan konsep IoT, menggunakan teknik counter dan Pengolahan data menggunakan teknik Full duplex lalu sensor ultrasonik sebagai penerima inputan dan lampu LED sebagai indikator. Kemudian nantinya dapat melakukan controlling dan monitoring melalui website yang juga menampilkan data hasil dari latihan kecepatan akeselerasi para siswa. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini ialah sistem berjalan dengan baik dan dapat melakukan controlling dan monitoring latihan kecepatan akselerasi tanpa ada kendala baik secara sistem ataupun dalam jaringan, Sehingga informasi data yang diterima oleh pelatih valid dan membantu pelatih dalam penilaian latihan.References
. PSSI, “Saran Dirtek PSSI Untuk Pemain Sepakbola Usia 10-13 Tahun”, pssi.org, 2017. https://www.pssi.org/news/saran-dirtek-pssi-untuk-pemain-sepakbola-usia-10-13-tahun (diakses 18 januari 2023).
. H. Said, “Peran Interval Sprint, Akselerasi Sprint, Hollow Sprint Terhadap Peningkatan Kecepatan Siswa Sekolah Sepak Bola Gorontalo”, J. Inov, vol. 9, no. 1, pp. 1-8, 2012.
. Restu, “Metodologi Penelitian: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Tujuan,” Gramedia.com. 2022. Diakses: 18 Januari 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.gramedia.com/literasi/metodologi-penelitian/.
. “Pengertian Observasi : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya - IDCloudHost,” 2020. https://idcloudhost.com/pengertian-observasi-pengertian-fungsi-tujuan-dan-manfaatnya/ (diakses 24 Maret 2023).
. “Wawancara Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, Tahap, dan Tips | Populix,” 2021. https://info.populix.co/articles/wawancara-adalah/ (diakses 24 Maret 2023).
. D. L. Fajri, “Studi Pustaka Adalah Referensi Penelitian, Ini Penjelasan Lengkapnya,” Katadata.co.id, 1 Agustus 2022. https://katadata.co.id/agung/berita/62e773e3da762/studi-pustaka-adalah-referensi-penelitian-ini-penjelasan-lengkapnya (diakses 24 Maret 2023).
. R. Arum, “Penelitian Eksperimen: Pengertian, Karakteristik, Subjek, Prosedur, Kelebihan dan Kekurangannya - Gramedia Literasi,” 2021. https://www.gramedia.com/literasi/penelitian-eksperimen/ (diakses 25 Maret 2023).
. R. Bahtra, “Buku Ajar Permainan Sepak Bola”, 1st ed, Padang : Sukabina Press, 2022.
. J Simarmata, et al, “ Dasar-Dasar Teknologi Internet Of Things (IoT)”, 1st ed, Yayasan Kita Menulis, 2022.
. PT. Karya Merapi Teknologi, “ESP8266 vs ESP32: Apa Perbedaan Mereka?,” www.kmtech.id, 2021. https://www.kmtech.id/post/esp8266-vs-esp32-apa-perbedaan-mereka (diakses 19 Maret 2023).
. P Stevano Frima Yudha dan R Abdullah Sani, “IMPLEMENTASI SENSOR ULTRASONIK HC-SR04 SEBAGAI SENSOR PARKIR MOBIL BERBASIS ARDUINO,” J Einsten, vol. 5, no. 3, November, 2017, pp.19-26.
. A Rizki, “Tutorial Teknik Digital: Rangkaian Pencacah (Counter),” adityarizki.net, Januari 2021, https://adityarizki.net/tutorial-teknik-digital-rangkaian-pencacah-counter/ (diakses 23 Maret 2023).