Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kepuasan Customer Terhadap Kinerja Pelayanan Cleaning service Dengan Metode CSI

Authors

  • Widiarti Rista Maya STMIK TRIGUNA DHARMA
  • ELFITRIANI ELFITRIANI STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Sri Murniyanti STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Otriani Zendrato STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v22i2.8848

Keywords:

Kinerja, Kepuasan, Customer, Sistem Pendukung Keputusan, CSI.

Abstract

Meningkatnya jumlah permintaan jasa cleaning service di PT. Seribu Nusantara sejahtera (SNS) tentu membuat PT. SNS berpikir lebih keras bagaimana cara meningkatkan kinerja pelayanan cleaning service agar dapat memenuhi kepuasan customer. Namun dalam proses menentukan kepuasan customer di PT. SNS masih dilakukan secara manual sehingga menghasilkan nilai yang sering salah dan kurangnya efisien dan efeksifitas.Untuk membantu agar proses menentukan kepuasan customer yang lebih baik kedepannya, maka dibutuhkan sebuah sistem. Sistem Pendukung Keputusan yang merupakan sistem yang berbasis komputer sehingga dapat membantu mendukung sebuah keputusan yang dihasilkan melalui dukungan metode CSI dengan menentukan kepuasan customer secara keseluruhan, maka prioritas dalam menentukan kepuasan customer secara keseluruhan mudah diketahui. Berdasarkan hasil dari penenlitian ini, Sistem Pendukung Keputusan berhasil dibangun guna membantu masalah dalam menentukan kepuasan customer terhadap kinerja pelayanan cleaning service secara keseluruhan dengan memperhatikan kriteria yang digunakan. Sehingga dapat membantu PT.SNS mudah dalam menentukan kepuasan customer terhadap kinerja pelayanan customer.

Author Biographies

Widiarti Rista Maya, STMIK TRIGUNA DHARMA

Program Study : Teknik KomputerKampus : STMIK TRIGUNA DHARMA

ELFITRIANI ELFITRIANI, STMIK TRIGUNA DHARMA

Program Study : Manajemen InformatikaKampus : STMIK TRIGUNA DHARMA

Sri Murniyanti, STMIK TRIGUNA DHARMA

Program Study : Sistem InformasiKampus : STMIK TRIGUNA DHARMA

Otriani Zendrato, STMIK TRIGUNA DHARMA

Program Study : Sistem InformasiKampus : STMIK TRIGUNA DHARMA

References

DAFTAR PUSTAKA

I. A. Haryanto, H. Pridia, and R. Sari, “Pengaruh Kinerja Petugas Cleaning Service Terhadap Kepuasan Penumpang Ekonomi Kapal Motor Kelud PT. PELNI (Persero),†2020.

P. S. Manajemen, U. Muhammadiyah, S. Utara, M. Kerja, and K. Pegawai, “Peranan Kinerja Pegawai: Kepemimpinan dan Motivasi Kerja M. Elfi Azhar 1 , Muhammad Arief Alfihamsyah 2,†pp. 246–259, 2021.

Idahwati, E. M. S. Nainggolan, D. S. V. Gultom, G. T. Situmorang, and D. Arindi, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA CLEANING SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. ISS INDONESIA (Studi Kasus pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Sari Mutiara Medan),†J. Mutiara Manaj., vol. 3, no. 1, pp. 193–207, 2018.

L. S. Simanjuntak, J. R. Sagala, and A. Gea, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode AHP Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan,†J. Armada Inform., vol. 2, no. 2, pp. 76–88, 2018.

E. Warisma, I. Zulkarnain, M. Kom, D. Sobirin, and S. H. M. Si, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kepuasan Customer terhadap Tatabag _ Store Menggunakan Metode Fuzzy Assosiatif Memory,†2020.

T. Tristiyanto, D. Saputri, and M. Iqbal, “Implementasi Metode Webqual Dan Customer Satisfaction Index Untuk Mengevaluasi Website Perguruan Tinggi Negeri Di Bandar Lampung,†Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 7, no. 1, p. 57, 2020.

D. O. Wibowo and A. T. Priandika, “Sistem pendukung keputusan pemilihan gedung pernikahan pada wilayah bandar lampung menggunakan metode topsis,†vol. 2, no. 1, pp. 73–85, 2021.

P. Purwadi, W. R. Maya, and A. Calam, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemasangan Lokasi Strategis Wifi.Id Pada Telkom (Studi Kasus Pada Pemsangan Wifi.Id Di Beberapa Lokasi Medan Menggunakan Metode Oreste,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 19, no. 1, p. 110, 2020.

D. P. Ramadhani and H. Februariyanti, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SAW ( SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ),†pp. 1–8, 2019.

H. R. Amri, R. T. Subagio, and Kusnadi, “Penerapan Metode CSI untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen,†J. Sist. Cerdas, vol. 3, no. Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas, pp. 241–252, 2020.

L. & R. P. Arif Nurfadli, “Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan kepada Siswa menggunakan Metode CSI dan SERVQUAL,†Anal. Peningkatan Kualitas Layanan Pendidik. Kpd. Siswa menggunakan Metod. CSI dan SERVQUAL, pp. 300–306, 2020.

F. D. Syakuron, F. S. A. Prabowo, and A. M. A. Suyanto, “Penerapan Metode Costumer Satisfaction Index (Csi) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Pada Kualitas Pelayanan Puskesmas Cipayung Kota Depok,†e-Proceeding Manag., vol. 9, no. 2, pp. 307–313, 2022.

Herlinawali, A. Adil, and M. Yunus, “Rekomendasi Pemilihan Perguruan Tinggi Menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Dengan Analytical Hierarchy Process (AHP),†BITE J. Bumigora Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 22–31, 2019.

F. D. Syakuron, F. S. A. Prabowo, and A. M. A. Suyanto, “Penerapan Metode Costumer Satisfaction Index (Csi) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Pada Kualitas Pelayanan Puskesmas Cipayung Kota Depok,†e-Proceeding Manag., vol. 9, no. 2, pp. 307–313, 2022.

S. M. Widodo and J. Sutopo, “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer,†J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 1, pp. 38–45, 2018.

O. Alfina and F. Harahap, “Ommi Alfina , Fitriana Harahap,†Pemodelan Uml Sist. Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Kelas Siswa Siswa Tunagrahita, vol. 3, no. 2, pp. 143–150, 2019.

I. D. Jaya, M. Kadafi, and R. N. Mustar, “Rancang Bangun Sistem Informasi Service Reservation Berbasis Android (Studi Kasus :Bengkel Bintang Motor Palembang),†Matics, vol. 11, no. 1, p. 14, 2019.

Downloads

Published

2023-08-11