Sistem Pakar Deteksi Gangguan Kesehatan Akibat Tekanan Suhu Terhadap Tubuh Menggunakan Metode Dempster Shafer

Debi Yandra Niska, Farida Hannum Harahap, Nur Anisa Fitria, Gian Patar P. Sirait, Yeremia Tiopan P. Purba

Abstract


Suhu merupakan tingkat derajat panas dan dingin yang erat kaitannya dengan tingkat kelembapan udara.  Perbedaan suhu yang sangat ekstrim biasanya menyebabkan tekanan suhu pada tubuh menjadi tidak stabil. Tubuh terkadang menghasilkan tekanan panas yang berlebih maupun kehilangan tekanan panas dengan cepat. Tekanan suhu biasanya disebabkan dari kondisi lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin, dan biasanya dipengaruhi oleh temperature lingkungan pada suatu tempat dan waktu, apabila temperature udara tinggi maka partikel suhu akan berkembang sehingga tekanan suhu menjadi rendah dan berbanding sebaliknnya. Perubahan tekanan suhu ini juga disebabkan oleh aktifitas-aktifitas yang berlebihan. Tekanan suhu yang ekstrim dapat menyebabkan beberapa penyakit. Dan setiap penyakit memiliki gejala yang berbeda-beda. Oleh karena itu untuk mengetahui penyakit apa yang diderita maka dibuatlah system pakar untuk dapat mendiagnosa dan menganalisa. Untuk dapat mengetahui tingkat kepastian penyakit maka digunakan metode dempster-shafer. Metode Dempster Shafer adalah metode ketidakpastian untuk menghasilkan diagnosis yang akurat. Hasil penelitian ini adalah merancang sebuah Website yang dapat mendiagnosa penyakit yang disebabkan akibat tekanan suhu dengan menggunakan metode dempster shafer.


Keywords


Sistem Pakar; Penyakit; Suhu Tubuh; Demspter Shafer

Full Text:

PDF

References


R. T. Nugroho, “Analisis Suhu Ruangan dengan Pemanfaatan Sabut Kelapa sebagai Campuran Batako,” Skripsi. Fak. Tek. Univ. Medan Area, 2019.

A. Sarotama and Melyana, “Implementasi Peringatan Abnormalitas Tanda-Tanda Vital pada Telemedicine Workstation,” J. Nas. Sains dan Teknol., vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2019.

I. Gunawan, A. Sudianto, and M. Sadali, “Measuring Body Temperature Based Internet of Things (IoT) Using Esp8266 and Firebase,” Sisfotenika, vol. 11, no. 1, p. 91, 2021.

F. A. Susanto, “Pengukuran Suhu Tubuh Online Sebagai Pencegahan Penyebaran Virus Flu Di Lingkungan Kampus,” J. Sist. Inf. dan Bisnis Cerdas, vol. 13, no. 2, pp. 67–74, 2020.

E. Mintarto and M. Fattahilah, “Efek Suhu Lingkungan Terhadap Fisiologi Tubuh pada saat Melakukan Latihan Olahraga,” JSES J. Sport Exerc. Sci., vol. 2, no. 1, p. 9, 2019.

J. Kurniawan, S. Defit, and Y. Yuhandri, “Sistem Pakar dalam Mengidentifikasi Minat Vokasi Menggunakan Metode Certainty Factor dan Forward Chaining,” J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 3, pp. 76–81, 2021.

R. S. Putra and Y. Yuhandri, “Sistem Pakar dalam Menganalisis Gangguan Jiwa Menggunakan Metode Certainty Factor,” J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 3, pp. 227–232, 2021.

F. Okmayura and N. Effendi, “Design of Expert System for Early Identification for Suspect Bullying On Vocational Students by Using Dempster Shafer Theory,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 3, no. 1, p. 48, 2019.

S. Amri and R. F. Siahaan, “Sistem Pakar Mendiagnosis Penyakit Pada Tanaman Mentimun menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Android,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 178–184, 2021.

D. S. Lumbanbatu, B. Anwar, and M. Dahria, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tanaman Solanum Betaccum Menggunakan Metode Dempster Shafer,” J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 1, no. 1, p. 1, 2022.

V. W. Sari, M. Zunaidi, and A. H. Nasyuha, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Diagnosa Penyakit Batu Karang,” vol. 6, pp. 1686–1692, 2022.

E. Sagala, J. Hutagalung, S. Kusnasari, and Z. Lubis,“Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosis penyakit Tanaman Carica Papaya di UPTD. Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Menggunakan Metode Dempster Shafer,” J. CyberTech, vol. 1, no. 1, pp. 95–103, 2021.




DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v6i1.7372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMPUTER TGD [ J-SISKO TECH]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]