SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERSONIL TELADAN PADA DIREKTORAT RESERSE NARKOBA MENGGUNAKAN PENDEKATAN QI PADA METODE VISE KRITERIJUMSKA OPTIMIZAJICA I KOMPROMISNO RESENJE (VIKOR)

Authors

  • Kunfiani K STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Marsono M STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Tugiono T STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.956

Abstract

Direktorat Reserse Narkoba dituntut untuk meningkatkan profesionalisme kinerjanya dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dalam memberantas pelaku Tindak Pidana Narkoba dan jaringannya.Dalam rangka mencapai profesionalisme kinerja yang optimal dalam pelayanan kepada masyarakat dan menegakkan hukum diperlukan adanya mekanisme kerja secara terpadu. Maka perlu adanya apresiasi terhadap kinerja para personil yang bergabung di Ditresnarkoba, Dengan demikian di bentuklah pemilihan personil teladan guna mengapresiasi hasil dari kinerja personil Ditresnarkoba. Namun masih ada kendala, belum adanya aplikasi yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung pemilihan tersebut.Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems). Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang mengevaluasi beberapa pilihan yang berbeda dan membantu Ditresnarkoba dalam memberikan keputusan terhadap masalah pemilihan personil teladan dalam mengapresiasi kinerja setiap personil.Penelitian ini menerapkan metode Vikor yang merupakan salah satu yang dapat menyelesaikan permasalahan multikriteria. Manfaat dari penelitian ini yakni memberikan penilaian alternatif yang lebih efektif dan efisien guna mempermudah pengambilan keputusan.Hasil yang diperoleh dari sistem pendukung keputusan ini yaitu berupa laporan hasil keputusan yang dapat membantu Direktorat Reserse Narkoba dalam menentukan personil teladan. Sehingga dengan adanya sistem pendukung keputusan ini dapat mendukung/memperkuat keputusan yang akan diambil oleh Direktorat Reserse Narkoba.

References

A. Siregar, P. Ginting, and L. T. Sianturi, “IMPLEMENTASI METODE VIKOR DALAM PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU,†vol. I, pp. 132–138, 2017.

M. A. Rasyid, E. Sulistianingsih, and A. H. Process, “ANALISIS PERINGKAT WEBSITE PERGURUAN TINGGI NEGERI DI KALIMANTAN DENGAN METODE VIKOR,†vol. 08, no. 3, pp. 453–462, 2019.K. D. P. Ase Suryana1, Erwin Yulianto2, “PENILAIAN PRESTASI PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE,†vol. III, no. 2, pp. 130–139, 2017.

H. Nurdiyanto and H. Meilia, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI LAMPUNG TENGAH MENGGUNAKAN ANALITICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ),†pp. 6–7, 2016.

H. Tumanggor, M. Haloho, P. Ramadhani, and S. D. Nasution, “Penerapan Metode VIKOR Dalam Penentuan Penerima Dana Bantuan Rumah Tidak Layak Huni,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 71–78, 2018.

B. J. Hutapea, M. Mesran, and S. Nurhabibah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Cabang Terbaik Bank Sumut Dengan Menerapkan Metode Vikor,†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 185–192, 2018.

M. A. Rasyid, E. Sulistianingsih, and A. H. Process, “ANALISIS PERINGKAT WEBSITE PERGURUAN TINGGI NEGERI DI KALIMANTAN DENGAN METODE VIKOR,†vol. 08, no. 3, pp. 453–462, 2019.

Downloads

Published

2022-08-05

Issue

Section

Articles

URN