Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Capra Aegagrus Hircus (Kambing Ternak) Jenis Etawa Dengan Menggunakan Metode Case Based Reasoning Algoritma Nearest Neighbor

Authors

  • Bobby Pratama Putra STMIK Triguna Dharma Medan
  • Iskandar Zulkarnain S.T,.M.Kom STMIK Triguna Dharma Medan
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.947

Abstract

Kambing merupakan salah satu ternak unggulan di beberapa wilayah di Indonesia. Dalam membudidayakan kambing, para pemilik kambing rata-rata memiliki pengetahuan yang kurang dalam hal penyakit yang menyerang kambing. Beberapa jenis penyakit pada ternak antara lain: kembung, cacingan, diare, kudis, orf, mata merah muda, masitis, keracunan, kutu, dan penyakit kuku. Penyakit yang dapat menumbuhkan pertumbuhan kambing. Para peternak sebagian besar masih memiliki pengetahuan yang rendah tentang pengendalian penyakit kambing, sedangkan berbagai jenis penyakit kambing berkembang di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Tenaga Ahli yang tersedia di daerah pedesaan juga masih terbatas.Untuk mengatasi masalah yang dibahas diatas, salah satunya dengan membangun sistem pakar. Dengan bantuan bantuan teknologi sistem komputer ini diharapkan dapat membantu mengatasi masalah penyakit ternak jenis etawa. Untuk membahas gejala penyakit ternak, sistem pakar ini menggunakan metode Case Base Reasoning (CBR) dengan memasukkan data penyakit dan gejala-gejala. Terkait dengan keberadaan sistem pakar Ini dapat memudahkan pengguna mendapatkan informasi tentang penyakit dan penyakit ternak jenis etawa. Dapat membantu pengguna dalam menemukan saran dan solusi terhadap penyakit kambing jenis etawa yang terjadi. sistem pakar ini menggunakan metode Case Base Reasoning (CBR) dengan memasukkan data penyakit dan gejala-gejala.Terkait dengan keberadaan sistem pakar Ini dapat memudahkan pengguna mendapatkan informasi tentang penyakit dan penyakit ternak jenis etawa. Dapat membantu pengguna dalam menemukan saran dan solusi terhadap penyakit kambing jenis etawa yang terjadi. sistem pakar ini menggunakan metode Case Base Reasoning (CBR) dengan memasukkan data penyakit dan gejala-gejala. Terkait dengan keberadaan sistem pakar Ini dapat memudahkan pengguna mendapatkan informasi tentang penyakit dan penyakit ternak jenis etawa. Dapat membantu pengguna dalam menemukan saran dan solusi terhadap penyakit kambing jenis etawa yang terjadi.

Author Biographies

Bobby Pratama Putra, STMIK Triguna Dharma Medan

Mahasiswa

Iskandar Zulkarnain S.T,.M.Kom, STMIK Triguna Dharma Medan

Dosen STMIK Triguna Dharma Medan

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma Medan

Dosen Triguna Dharma Medan

References

Dewi Maharani, Yode Arliando, Venny Novita Sari, Manajement Informatika, and Amik Royal Kisaran, "Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018 ISSN 2622-9986 (cetak) STMIK Royal-AMIK Royal, hlm. 159-164 ISSN 2622-6510 (online) Kisaran, Asahan," 2018.

Acmad Nurhadi, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer, and Bsi Pontianak, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining,".

Junaidy B Sanger et al., "Pengembangan Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Permasalahan Layanan Jaringan Internet," 2017.

Tiara Eka Putri, Desi Andreswari, and Rusdi Efendi, "Implementasi Metode Cbr (Case Based Reasoning) Dalam Pemilihan Pestisida Terhadap Hama Padi Sawah Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor (Knn) (Studi Kasus Kabupaten Seluma)," Jurnal Rekursif, vol. 4, no. 1, 2016.

Rabiah Adawiyah, "Case Based Reasoning Untuk Diagnosis Penyakit Demam Berdarah," Jurnal INTENSIF, vol. 1, no. 1, 2017.

Drh. Elya Moelia Lubis, Msi, “Efisiensi Reproduksi Kambing Peranakan etawa Di Lembah Gogoniti Farm Kabupaten Blitarâ€, 2016.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN