Implementasi Data Mining Untuk Mengestimasi Penjualan Barang Pada Store Perlengkapan Camping Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda

Authors

  • Sari Depi Napitupulu STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Rahmadhan
  • Muhammad Iswan Parangin Angin

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.936

Abstract

ABSTRAK Dalam sebuah perusahaan pasti akan memiliki tujuan untuk memproleh keuntungan dan laba penjualan untuk di olah kembali demi kelangsungan kesuksesan perusahaan tersebut. Pendapatan laba besar atau kecil sering menjadi tolak ukur kesuksesan dalam suatu perancanaan. Hal ini lah dapat mendukung melihat kemugkinan dan kesempatan di masa yang akan datang untuk meningkatkan penjualan. Dalam skripsi ini yang akan di bahas adalah mengenai estimasi laba penjualan barang pada store perlengkapan camping toko pilar outdoor medan. Data mining memiliki salah satu teknik dalam mengestimasi. Pada skripsi ini akan di bahas tentang teknik untuk mengestimasi laba penjualan pada toko pilar proses pencaian pola dalam kumpulan data besar yang melibatkan metode perhitungan statistic. Proses pertama untuk memecahkan masalah terlebih dahulu menentukan variabl Y, X1, dan X2 berdasarkan permasalahan yang ditimbulkan dan mengambil data akurat mengenai hasil laba penjualan barang. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu regresi linier berganda. Metode ini dipilih karena mampu membaut suatu estimasi/prediksi dengan memanfaatkan data penjualan yang sudah lewat untuk membuat persamaan regresi dan perediksi/estimmasi terbaik berdasarkan variabel-variabel yang ada.  Adanya sitem ini dapat menghasilkan suatu pola hubungan antara variable yang mempengaruhi laba penjualan untuk bulan selanjutnya.   Keyword : Implementasi DataMining Mengestimasi Laba Penjualan   

Author Biographies

Puji Sari Rahmadhan

Dosen Kampus Stmik Triguna Dharma

Muhammad Iswan Parangin Angin

Dosen Stmik Triguna Dharma

References

S. Sinaga and A. M. Husein, “Penerapan Algoritma Apriori dalam Data Mining untuk Memprediksi Pola Pengunjung pada Objek Wisata Kabupaten Karo,†J. Penelit. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 49–54, 2019.

D. Astika, P. Studi, T. Informatika, and U. Malikussaleh, “PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISIS PENJUALAN BARANG DENGAN PADA SUPERMARKET SEJAHTERA.â€

R. Gunawan, “Implementasi Data Mining Menggunakan Regresi Linier Berganda dalam Memprediksi Jumlah Nasabah Kredit Macet Pada BPR Tanjung Morawa,†vol. 18, no. 1, pp. 87–91, 2019.

C. Siregar, A. S. Sembiring, and H. K. Siburian, “PERANCANGAN APLIKASI PREDIKSI PENJUALAN LAPTOP DENGAN MENERAPKAN METODE REGRESI LINIER,†vol. 17, pp. 416–421, 2018.

J. Eska, “Penerapan Data Mining Untuk Prekdiksi Penjualan Wallpaper Menggunakan Algoritma C4.5 STMIK Royal Ksiaran,†JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 2, pp. 9–13, 2016.

M. Marsono, “Penerapan Data Mining Pengaturan Pola Tata Letak Barang Pada Berkah Swalayan Untuk Strategi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 2, pp. 170–175, 2019.

H. Meileni, D. Khairunnisa, J. M. Informatika, P. N. Sriwijaya, and B. Lama, “PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN SEPEDA MOTOR DI PT TUNAS DWIPA MATRA PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING.â€

N. Nafi’iyah, “Prediksi Jumlah Penjualan Pada Toko Makmur Jaya Elektronik Dengan Regresi Linier,†Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 2, no. 02, p. 47, 2019.

F. Rizky, Y. Syahra, and I. Mariami, “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Target Pemakaian Stok Barang Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†vol. 18, no. 2, 2019.

R. Gunawan, “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Prestasi Siswa Berdasarkan Status Sosial Dan Kedisiplinan Pada Smk Bayu Pertiwi Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†vol. 17, no. 2, pp. 175–183, 2018.

T. Inflasi, “DATA MINING DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK PERALAMAN TINGKAT INFLASI,†no. October, 2018.

Downloads

Published

2022-07-06

Issue

Section

Articles

URN