Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Kelayakan Penerima Kredit Barang Elektronik Dengan Metode Oreste

Authors

  • Ririn Angela STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranta STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Rico Imanta Ginting STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.932

Abstract

masa sekarang ini barang elektronik tidak terlalu sulit diperoleh, dengan adanya sistem kredit, semua bisa memiliki barang yang diinginkan (dengan syarat dan ketentuan yang diberikan penjual). Dengan menggunakan sistem pembayaran cicilan, itu akan sangat membantu masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah dalam memenuhi kebutuhan mereka.  Terkait permasalahan dalam pengkreditan barang, ada sebuah perusahaan yang khusus untuk memberikan kredit kepada pelanggannya yaitu Home Credit. Home Credit adalah sebuah perusahaan pembiayaan berbasis teknologi global yang menyediakan sebuah pelayanan pembiayaan baik secara online maupun offlineMasalah yang sering terjadi di Home Credit itu adalah untuk penentuan layak atau tidaknya seorang pelanggan mengajukan kredit. Karena disamping kelengkapan berkas, pihak Home Credit juga perlu mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya kemacetan kredit ataupun kasus-kasus pelanggan yang kabur sebelum melunasi cicilannya. Semakin banyak kemacetan dan kasus penunggakan kredit tentunya akan semakin besar kerugian yang diterima perusahaan. Oleh sebab itu perusahaan perlu menyeleksi  pengaju kredit. Akan tetapi timbul lagi masalah baru, untuk menyeleksi kelayakan kredit tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat, terlebih lagi jika begitu banyak pelanggan yang mengajukan. Tentu hal ini akan membuat pihak perusahaan merasa kewalahan dan membuat pihak pelanggan menjadi lama menunggu. Maka dari itu perlu adanya sistem yang dapat membantu dalam menangani kelayakan kredit barang elektronik dengan akurat dan cepatHasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode ORESTE yang dapat membantu Homecredit dalam menentukan kelayakan pengajuan kredit barang elektronik.

References

I. U. Y. Zefriyenni, "Kebijakan Pemberian Kredit Terhadap Penetapan Jumlah Kredit (Studi Khasus Pada Ued-Sp Amanah Sejahtera Sungai Buluh Kecamatansingingi Hilirkabupaten Kuantan Singingi Propinsi Riau)," Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika V1.i1(72-80) 72 Diterbitkan Oleh Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Sumbar, vol. 1, no. ISSN : 2407-0491, pp. 72-80, 2016.

Riyan Sugandy, "Profil PT Home Credit Indonesia, Fokus Untuk Berkembang di Indonesia," 2018. https://www.qerja.com/journal/view/11774-profil-pt-home-credit-indonesia-fokus-untuk-berkembang-di-indonesia-rs08/ [Online].

Priranda Widara Ananta (06018099), 2 and Sri Winiarti (0516127501), "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI UNTUK KENAIKAN JABATAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE GAP KOMPETENSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERKASA JAYA COMPURETAIL," Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 1, no. e-ISSN: 2338-5197 , 2013.

F. A. Sianturi, B. Sinaga and P. M. Hasugian, "FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MACKING DENGAN METODE ORESTE UNTUK MENENTUKAN LOKASI PROMOSI," 2018

S. Wahyuningsih, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang," Jurnal Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, 2014.

B. H. H. Liza Yulianti1, Herlina Latipa Sari2, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PESERTA KB TELADAN DI BKKBN BENGKULU MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0," Jurnal Media Infotama, vol. 8, 2012.

A. H. Hasugian and H. Cipta, "Analisa Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)," ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, p. 1, 2018.

L. Dendy Hermawan and M. Imrona, "IMPLEMENTASI METODE ENTROPY DAN ORESTE PADA REKRUITASI KARYAWAN".

Downloads

Published

2022-08-02

URN