SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN JUARA UMUM PADA SMP PERGURUAN DWITUNGGAL TJ. MORAWA MENGGUNAKAN METODE MOORA

Authors

  • nazly ade STMIK Triguna Dharma
  • Beni Andika BA STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha AH STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.931

Abstract

SMP Perguruan Dwitunggal merupakan lembaga pendidikan formal yang aktifitasnya untuk membantu terhadap pendidikan keluarga. Sebagai lembaga formal, SMP Perguruan Dwitunggal tentu saja memiliki sistematika dan kwalitas yang mengarah kepada terbinanya kedewasaan anak. Di sekolah tersebut terdapat sebuah program belajar mengajar untuk menentukan juara umum pada setiap tahunnya. Pada saat ini dalam pemilihan juara umum pada SMP Perguruan Dwitunggal masih dilakukan dengan cara manual. Oleh sebab itu, dalam menentukan siswa yang layak dinyatakan lulus dalam pemilihan juara umum secara manual memiliki beberapa permasalahan yang terjadi, yaitu kesalahan dalam mengurutkan nilai tertinggi yang cukup membutuhkan banyak waktu dan terkadang data yang dibuat tidak akurat.Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menentukan siswa yang layak dinyatakan lulus pada SMP Perguruan Dwitunggal adalah menggunakan Sistem Pendukung Keputusan dengan metode MOORA. MOORA adalah aturan yang menyatakan asosiasi antara beberapa atribut untuk menemukan aturan satu kombinasi item atau lebih.Hasil dari penelitian ini adalah untuk merancang program sistem pendukung keputusan dalam pemilihan juara umum pada SMP Perguruan Dwitunggal dengan metode Moora menggunakan algoritma sistem yang dapat membantu pihak sekolah sekaligus guru dalam menentukan siswa yang layak dinyatakan lulus pada program pemilihan juara umum.

References

G. Gata and L. Fajarita, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Juara Umum Siswa Setiap Kejuruan Menggunakan Metode Analytical Hierachy Process Dan Simple Additive Weighting,†J. ELTIKOM, vol. 3, no. 2, pp. 45–53, 2019, doi: 10.31961/eltikom.v2i2.116.

N. Febriyani, “Jurnal Edik Informatika Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Peserta Paskibraka Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Procces ( AHP ) ( Study Kasus : Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ) Jurnal Edik Inf,†vol. 1, pp. 102–112.

A. H. Nasyuha, H. Winata, and Marsono, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentuka Kelayakan Penerima Bantuan Siswa Miskin ( BSM ) Pada SD Negeri 8 Bintang Menggunakan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution ( TOPSIS ),†J. Sains dan Komput., vol. 17, no. 2, pp. 198–205, 2018.

ikhwana andri rustiawan hendar asep, destiani dini, “Sistem Pendukung keputusan Penyeleksian Calon siswa Baru Di SMA NEGERI 3 GARUT,†J. Algoritm.

N. R. Yanifa, D. Arifianto, and A. Nilogiri, “Implementasi metode moora pada penerimaan beasiswa di universitas muhamadiyah jember berbasis web.â€

Downloads

Additional Files

Published

2019-07-29

Issue

Section

Articles

URN