Penerapan Metode Certainty Factor Dalam Mendiagnosa Kerusakan Struktur Tanah Untuk Tanaman Karet Pada PT. Socfin Indonesia

Authors

  • Dilla Chairunnisa STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Zulfian Azmi STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Widiarti Ristamaya STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.925

Abstract

Kerusakan struktur tanah di area perkebunan terutama perkebunan tanaman Karet adalah masalah yang paling sering terjadi. Hal ini menyulitkan perusahaan perkebunan dalam pengembangan dan eksplorasi lahan.Penelitian ini dibuat untuk merancang menerapkan dan menguji suatu sistem pakar yang dapat mempermudah perusahaan menghadapi permasalahan dalam mendiagnosa kerusakan struktur tanah untuk tanaman karet pada PT. Socfin Indonesia.Permasalahan yang di hadapi adalah untuk mendiagnosa kerusakan struktur tanah untuk tanaman karet pada PT. Socfin Indonesia. Oleh sebab itu sistem pakar ini hadir untuk memberikan solusi.Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dalam ilmu kepakaran dalam mendiagnosa kerusakan struktur tanah untuk tanaman karet pada PT. Socfin Indonesia.Metodologi yang digunakan adalah menggunakan metode Certainty Factor. Metode yang sederhana untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti atau tidak pasti yang berbentuk metric. Metode ini sangat cocok untuk sistem pakar yang mendiagnosis sesuatu yang belum pasti. 

References

P. Perkebunan, “Pengolahan Tanah dalam Penyiapan Lahan untuk Tanaman Karet,†2019. [Online]. Available: http://perkebunan.litbang.pertanian.go.id/pengolahan-tanah-dalam-penyiapan-lahan-untuk-tanaman-karet/.

Sudarmono Ahmad Tahir, “Ekspansi Perkebunan Karet Mengancam Keanekaragaman Hayati dan Penghidupan,†2015. [Online]. Available: https://www.bhataramedia.com/5872/ekspansi-perkebunan-karet-mengancam-keanekaragaman-hayati-dan-penghidupan/2015/07/07/.

M. Arifin, S. Slamin, and W. E. Y. Retnani, “Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau,†Berk. Sainstek, vol. 5, no. 1, p. 21, 2017.

R. Rachman and A. Mukminin, “Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD,†Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, p. 90, 2018.

M. Muqorobin, P. B. Utomo, M. Nafi’Uddin, and K. Kusrini, “Implementasi Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Berbasis Android,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 5, no. 3, p. 185, 2019

Downloads

Published

2022-08-05

Issue

Section

Articles

URN