IMPLEMENTASI METODE ARAS (ADDITIVE RATIO ASSESSMENT) DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN SISWA MASUK JALUR UNDANGAN KHUSUS MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI PADA MAN 1 DELI SERDANG

Authors

  • M. Agus Pratama STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian azmi STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani ani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i10.919

Abstract

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau sering disebut juga jalur undangan yaitu salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Man 1 Deli Serdang merupakan salah satu sekolah yang diberikan kesempatan untuk mengikuti jalur undangan tersebut, namun setiap tahunnya siswa yang mendaftar pada jalur SNMPTN sangat banyak karena jalur ini bebas tes tertulis sedangkan kursi yang diperebutkan terbatas, pihak sekolah mengalami kesulitan karena banyaknya siswa yang ingin mengikuti jalur undangan dan  menyebabkan pihak sekolah kesusahan dalam menyeleksi siswa yang layak untuk mengikuti seleksi tersebut sesuai kriteria yang ada.Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan merancang suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu Sekolah Man 1 Deli Serdang menyeleksi siswa yang layak mengikuti seleksi jalur undangan dapat dilakukan dengan membuat sebuah sistem pendukung keputusuan  dengan metode ARAS.Hasil dari sistem informasi yang dibuat diharapkan dapat memudahkan Sekolah Man 1 Deli Serdang dalam menentukan siswa yang layak mengikuti seleksi jalur undangan dikarenakan sistem yang terkomputernisasi dan efisien Sehingga kendala yang dihadapi telah teratasi pada Sekolah Man 1 deli serdang.

References

Fahmi Setiawan1, Indriani2, and Fatma Muliadi3, “Implementasi Metode Electre Pada Sistem Pendukung Keputusan Snmptn Jalur Undangan,†KLIK Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 197–120, 2015.

R. Sinaga and P. Hasugian, “SPK Penerimaan Guru di SMK Swasta Musda Perbaungan dengan Metode SAW,†J. Teknol. dan Ilmu Komput. Prima, vol. 2, no. 2, p. 33, 2019.

Y. S. Prabowo and A. Sunyoto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan SNMPTN Bagi Siswa SMAN 7 Purworejo,†pp. 9–10, 2015.

R. Lubis and A. Sari, “Implementasi Metode Additive Ratio Assessment ( Aras ) Dalam Pemilihan Sales Mobil Terbaik,†Sainteks 2019, pp. 372–383, 2019.

H. Kusniyati and N. S. Pangondian Sitanggang, “Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android,†J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 9–18, 2016.

Downloads

Published

2020-10-30

URN