Penerapan Data mining untuk Memprediksi Penjualan Sepeda Motor Pada PT Mitra Pinasthika Mustika di Periode yang Akan Datang Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda

Authors

  • Risnawati R STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Ristamaya STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani E STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.911

Abstract

PT Mitra Pinasthika Mustika  suatu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan sepeda motor yang selalu menentukan  target  penjualannya  di waktu  yang  akan datang.   Penentuan  target penjualan berarti perusahaan berusaha untuk memprediksi penjualan kedepan dengan memperhatikan kondisi ke depan dan kondisi masa lampau. Namun selama ini penentuan target ke depan tidak obyektif karena hanya berdasarkan intuisi manajemen saja. Target yang ditetapkan sering kali tidak sesuai dengan data penjualan aktual sehingga mempengaruhi seluruh perencanaan selanjutnya.             Dari permasalahan tersebut diperlukan suatu alat yang dapat membantu manajemen memutuskan target penjualan ke depan dengan lebih objektif. Adapun Ilmu Komputer yang dapat membantu dalam permasalahan tersebut adalah ilmu prediksi ataupun peramalan yaitu bidang ilmu  Data mining, dimana data mining merupakan bidang ilmu yang mengajarkan tentang pengolahan data-data yang besar dengan tujuan untuk mencari informasi yang bermanfaat dari data tersebut sehingga data yang menumpuk itu dapat bermanfaat.            Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Data Mining untuk membantu memprediksi penjualan sepeda motor di periode berikutnya sehingga membantu PT Mitra Pinasthika Mustika dalam mengetahui penjualan sepeda motor

References

A. Massara and A. Wicaksono, "PERAN SEPEDA MOTOR BAGI MASYARAKAT BERPENDAPATAN RENDAH DI KOTA MAKASSAR," Jurnal Transportasi, vol. 18, no. 3, pp. 161-168, 2018.

A. Muzakir and R. A. Wulandari, "Model Data Mining sebagai Prediksi Penyakit Hipertensi Kehamilan dengan Teknik Decision Tree," Scientific Journal of Informatics, vol. 3, no. 1, 2016.

S. Sulistyono and W. Sulistiyowati, "Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda," PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), vol. 1, no. 2, p. 82, 5 3 2018.

A. Rachman and d. Hadi Al Rasyid, "MODEL PERAMALAN KONSUMSI BAHAN BAKAR JENIS PREMIUM DI INDONESIA DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA".

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN