IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENGESTIMASI TARGET PENJUALAN BUKU PADA PT. CITRA KARSA MURNI DENGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA

Authors

  • Laura Margaretta Br. Nainggolan STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.897

Abstract

Buku merupakan sebuah media pembelajaran yang digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat seperti khususnya di dunia pendidikan yang dapat memberikan informasi atau pengetahuan bagi para pembacanya. PT. Citra Karsa Murni memiliki permasalahan seperti naik dan turunnya pendapatan penjualan buku dikarenakan banyaknya pesaing dan pada hal ini pihak perusahaan belum ada menerapkan sebuah sistem yang dapat mengestimasi target penjualan buku yang dapat menyebabkan penyediaan stok buku yang tidak relevan.Dari permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengestimasi target penjualan buku dengan menerapkan ilmu pengetahuan dalam Data Mining menggunakan metode Regresi Linear Berganda yang dapat digunakan sebagai estimasi target penjualan buku untuk di periode berikutnya dengan menggunakan data penjualan buku dari periode sebelumnya. Dengan sistem ini maka diharapkan dapat mempermudah PT. Citra Karsa Murni dalam pencapaian target penjualan buku pada setiap periodenya  sehingga dapat menjadi acuan yang dapat meningkatkan perkembangan dalam pencapain target penjualan buku pada perusahaan secara sistematis.

References

R. R. Fiska, “Penerapan Teknik Data Mining dengan Metode Support Vector Machine (SVM) untuk Memprediksi Siswa yang Berpeluang Drop Out (Studi Kasus di SMKN 1 Sutera),†SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, p. 15, 2017, doi: 10.33372/stn.v3i1.200.

F. Rizky, Y. Syahra, and I. Mariami, “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Target Pemakaian Stok Barang Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†vol. 18, no. 2, 2019.

R. Gunawan, “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Prestasi Siswa Berdasarkan Status Sosial Dan Kedisiplinan Pada Smk Bayu Pertiwi Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†vol. 17, no. 2, pp. 175–183, 2018.

P. S. Ramadhan and N. Safitri, “Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang,†vol. 18, no. 1, pp. 55–61, 2019.

W. R. Maya, “Penerapan Data Mining Dalam Memprediksi Jumlah Penumpang Pada CV . Surya Mandiri Sukses Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier,†vol. 2, no. 1, pp. 54–61, 2019.

E. Pramadani, H. Sunandar, and Y. Hasan, “Implementasi Data Mining Penjualan Koran Dengan Metode C4 . 5 ( Studi Kasus : Pt . Media Massa Cahaya Pembaharuan),†vol. 13, no. September, pp. 245–249, 2018.

E. Praja, W. Mandala, M. Ridwan, and E. Putri, “Data Mining Penilaian Kinerja Karyawan Upi Convention Group Menggunakan Bayesian Classifier,†pp. 53–59, 2014.

H. Jaya, R. Gunawan, and R. Kustini, “Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Target Produksi Berdasarkan Tingkat Penjualan Dan Banyaknya Pemesanan Produk Pada Pt . Neo National Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†vol. 18, no. 2, 2019.

R. Gunawan, “Implementasi Data Mining Menggunakan Regresi Linier Berganda dalam Memprediksi Jumlah Nasabah Kredit Macet Pada BPR Tanjung Morawa,†vol. 18, no. 1, pp. 87–91, 2019.

A. Rivandi, E. Bu’ulolo, and N. Silalahi, “Dalam Estimasi Biaya Pencetakan Spanduk (Studi Kasus : PT. Hansindo Setiapratama),†Pelita Inform. Budi Darma, vol. 18, pp. 1–6, 2019.

Downloads

Published

2022-07-21

URN