Sistem Pendukung Keputusan Pengeluaran Dana Kebutuhan Panti Asuhan Menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Rasio Analysis (MOORA)

Penulis

  • Novita Sari STMIK Triguna Dharma
  • Ishak I STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.889

Abstrak

Panti asuhan adalah salah satu lembaga perlindungan anak yang berfungsi untuk memberikan perlindungan serta memenuhi semua kebutuhan terhadap hakhak anak dalam menjalani kehidupan. Pada umumnya panti asuhan mempunyai Pengeluaran Dana Kebutuhan seperti kebutuhan untuk biaya makan, biaya listrik, biaya PDAM, biaya telepon, honor pengurus dan ATK kantor. Hal ini dengan semakin banyaknya pengeluaran yang disebabkan oleh naiknya harga kebutuhan setiap harinya, pengelolah keuangan harus bijak dalam mengambil keputusan untuk proses pengeluaran dana.Oleh karena itu dalam kasus pengeluaran dana Kebutuhan panti asuhan diperlukan Sistem Pendukung Keputusan yang berfungsi sbagai alat bantu dalam proses pengambilan keputusna terhadap kebutuhan apa saja yang harus dikeluarkan terlebih dahulu. Untuk menentukan hasil keputusan sistem ini dilakukan dengan menggunakan metode MOORA (Multi Objective Optimization On The Basis Of Rasio Analysis).Melalui metode MOORA diperoleh jenis kebutuhan yang harus dikeluarkan terlebih dahulu diantaranya yaitu jenis kebutuhan biaya makan dan biaya listrik.

Referensi

J. Al-ikhlas, “Pengembangan Kreativitas Anak Asuh Berbasis TI Dalam Menanamkan Nilai Wirausaha Pada Asrama Putera Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhu'afa Yayasan Al Ashr Banjarmasin,†vol. 4, no. April, pp. 186–190, 2019.

S. Khoirunnisa, R. Resnawaty, A. Asuh, P. Sosial, and A. Anak, “13 pemenuhan kebutuhan pendidikan anak asuh di panti sosial asuhan anak,†pp. 69–73, 2011.

L Asyriati Latif, M Jamil, S Hi Abbas. 2019. Sistem Pendukung Keputusan Teori Dan Implmentasi. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dicky Nofriansyah, Sarjon Defit. 2017. Multi Criteria Decesion Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yoogyakarta:Deepublsh

Wikipedia. Diagram Alir.https://id.m.wikipedia.org/wiki/Diagram_alir.

Diterbitkan

2022-08-05

Terbitan

Bagian

Articles

URN