Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Pada PT. PP. London Sumatra Indonesia Tbk. Menggunakan Metode Vise Kriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (Vikor)

Authors

  • Devi Mayang Sari STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Jufri Halim STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.886

Abstract

PT. PP. London Sumatra Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri perkebunan kelapa sawit. PT. PP. London Sumatra Indonesia Tbk memiliki permasalahan dalam pemilihan asisten perkebunan, karena banyaknya jumlah karyawan pada PT. PP. London Sumatra Indonesia Tbk sehingga sulitnya dalam menentukan sumber daya manusia yang berkualitas serta layak dan sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Dari permasalahan yang terjadi, menggunakan Sistem Pendukung Keputusan dapat membantu manajemen dalam menyelesaikan masalah yang ada pada PT. PP. London Sumatra Indonesia Tbk dengan memanfaatkan sistem informasi yang mengadopsi metode VIKOR (Vise Kriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje). Hasil dari penelitian ini, sebuah aplikasi berbasis dekstop yang dapat mengimplementasikan metode Vise Kriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje untuk menghasilkan keputusan yang akurat dan tepat sasaran sesuai degan kebutuhan pada PT. PP. London Sumatra Indonesia Tbk.

References

A. Rahman, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Sumber Daya Manusia Di Perusahaan,†Pros. Semin. Nas. Teknoin 2008, no. October, pp. 21–26, 2008.

F. Pratiwi, F. T. Waruwu, D. P. Utomo, and R. Syah, “PTPN V,†Penerapan Metod. Aras Dalam Pemilihan Asisten Perkeb. Terbaik Pada PTPN V, pp. 651–662, 2019.

A. Pendiagnosa, K. Warna, M. Pemrograman, B. Delphi, and S. Eniyati, “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting),†J. Teknol. Inf. Din., vol. 16, no. 2, pp. 171–176, 2011.

M. Sianturi, S. Wulan, Suginam, Rohminatin, and Mesran, “Implementasi Metode VIKOR Untuk Menentukan Bahan Kulit Terbaik Dalam Pembuatan Ikat Pinggang,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 56–60, 2018.

M. K. Dicky Nofriansyah, S.kom. and M. S. Prof. Dr. Sarjon Defit, S.Kom., MULTI CRITERIA DECISION MAKING(MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. yogyakarta, 2017.

A. P. Windarto, P. Studi, and S. Informasi, “PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PTPN III PEMATANGSIANTAR DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ),†no. 1, pp. 84–95, 2017.

N. Sutrikanti, H. Situmorang, Fachrurrazi, H. Nurdiyanto, and M. Mesran, “Implementasi Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Calon Peserta Cerdas Cermat Tingkat SMA Menerapkan Metode VIKOR,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2407–389X, pp. 109–113, 2018.

P. Prospective, E. In, T. H. E. Palm, and O. I. L. Plantation, “PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT DALAM PROSES SELEKSI CALON KARYAWAN DI PERUSAHAAN ( APPLICATION WEIGHTED PRODUCT METHOD IN SELECTION Abstrak,†vol. 01, no. 01, pp. 15–26, 2020.

Downloads

Published

2022-07-21

URN