Jaringan Syaraf Tiruan Dalam Memprediksi Jumlah Pasien untuk Mengevaluasi Kinerja Rumah Sakit Sundari Medan dari Data Time Series dengan Menggunakan Metode Perceptron

Authors

  • julio manulang manulang STMIK Triguna Dharma Medan
  • Mukhlis R Ramadhan STMIK Triguna Dharma Medan
  • Firahmi R Rizky STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.874

Abstract

Kelebihan kapasitas pasien adalah suatu kondisi dimana pasien yang masuk lebih banyak dari fasilitas dan ruangan yang tersedia di Rumah Sakit. Hal itu tentu mengakibatkan banyak pasien yang tidak dirawat di Rumah Sakit Umum Sundari Medan dan harus dirujuk ke tempat lain lagi, disamping itu dari sisi rumah sakit pihak rumah sakit tentunya tidak dapat meraih income secara maksimal.Karena sering terjadi permasalahan kelebihan kapasitas pasien di Rumah Sakit Umum Sundari, maka terciptalah suatu teknik yang dapat digunakan untuk memprediksi jumlah pasien di Rumah Sakit Umum Sundari diantaranya dengan penerapan Jaringan Syaraf Tiruan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah untuk mempermudah pihak Rumah Sakit mengetahui jumlah pasien untuk mempersiapkan fasilitas medis serta non medis terhadap pelayanan pasien menggunakan metode Perceptron, sehingga memberikan hasil keputusan yang dapat menunjukkan tingkat kepercayaan sistem terhadap pasien tersebut dan saran atau solusi untuk mengatasi pelayanan yang kurang efektif. 

References

Wahyu Eko Yuzandra Pramadhany, “PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENILAIAN KINERJA PADA ORGANISASI NIRLABA (Studi Kasus pada Rumah Sakit Bhayangkara Semarang),†2011.

B. M. Arsandi, T. W. Widodo, and F. Faizah, “Purwarupa Sistem Pembuka Pintu Cerdas Menggunakan Perceptron Berdasarkan Prediksi Kedatangan Pemilik,†IJEIS (Indonesian J. Electron. Instrum. Syst., vol. 7, no. 1, p. 83, 2017.

S. Iyah, M. Metode, and T. Series, “PREDIKSI PENERIMAAN SISWA BARU PADA MADRASAH ALIYAH AS-.â€

P. Studi, T. Informatika, and U. D. Nuswantoro, “ANALISIS PERBANDINGAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN,†no. Dm, 2009.

P. Soepomo, “Deteksi Penyakit Dan Serangan Hama Tanaman Buah Salak Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan (Jst) Dengan Metode Perceptron,†Deteksi Penyakit Dan Serangan Hama Tanam. Buah Salak Menggunakan Jar. Syaraf Tiruan Dengan Metod. Perceptron, vol. 2, no. 2, pp. 431–443, 2014.

Julpan, E. B. Nababan, and M. Zarlis, “Analisis Fungsi Aktivasi Sigmoid Biner Dan SIgmoid Bipolar Dalam Algoritma Backpropagation Pada Prediksi Kemampuan Siswa,†J. Teknovasi, vol. 02, no. 1, pp. 103–116, 2015

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN