Segmentasi Pasar Penjualan Unit Mobil Menggunakan Metode Agglomerative Hierarchical Clustering

Authors

  • Sundary Ayu pratiwi STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Rini Kustini STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.868

Abstract

Segmentasi pasar adalah salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk memetakan kebutuhan konsumen akan produk yang ditawarkan. Dengan memetakan pasar maka perusahaan akan mudah melakukan peningkatkan strategi penjualan agar dapat menghasilkan keuntungan yang lebih signifikan. Banyaknya varian dari produk yang ditawarkan menjadikan analisis pasar dan segmentasi dimaksud menjadi hal sangat wajar untuk dipertimbangkan dalam operasional penjualan dalam hal ini unit penjualan Mobil PT. Daihatsu. Pengelompokan yang baik adalah pengelompokan yang memiliki homogenitas yang tinggi. Model segmentasi pasar yang diteliti, menggunakan metode Agglomerative Hierarchical Clustering. Dengan algoritma Single Lingkage, diharapkan mampu menemukan clusterisasi yang baik, sehingga menghasilkan informasi berupa segmentasi pasar yang dibutuhkan.  Sebagai alat bantu perbandingan hasil perhitungan cluster , digunakan perangkat lunak R Studio yang sudah dikenal luas sebagai Software Open Source yang banyak digunakan para data scientist, sehingga akurasi dan kecepatan pemrosesan datanya cukup dapat diandalkan.

References

P. Hierarchical and C. Metode, “pada Data Runtun Waktu,†vol. 1, pp. 64–78, 2019.

joko suntoro, Data Mining Algoritma dan Implementasi dengan Pemrograman PHP. PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO, 2019.

N. A. Hasibuan et al., “Implementasi Data Mining Untuk Pengaturan Layout,†vol. 4, no. 4, pp. 6–11, 2017.

M. S. Dr. Suyanto, S.T., DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI DAN KLASTERISASI DATA. INFORMATIKA, 2017.

A. Nurhadi, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Sistem Informasi Penyedia Asisten Rumah Tangga Secara Online,†J. Khatulistiwa Inform., vol. 6, no. 2, pp. 97–106, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2018-05-29

Issue

Section

Articles

URN