Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit ( Saraf Terjepit )Pada Tulang Punggung Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Madu Lestari STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Azanuddin Azanuddin STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Mochammad Iswan Perangin-Angin STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.857

Abstract

Saraf  terjepit merupakan penyakit yang terjadi ketika bantalan ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang. Saraf terjepit ini merupakan masalah kesehatan yang cukup serius dan sering terjadi.Saraf terjepit pada tulang punggung diselubungi  oleh cincin serat jaringan yang kuat disebut annulus fibrosus. Di­­da­lam tulang belakang ter­dapat sa­luran yang berisi sum­sum tulang be­la­kang (me­dulla spinalis) yaitu sis­tem saraf yang menghubung­an otak dengan organ-organ tubuh dibawah. Sumsum tu­lang belakang terletak di be­la­kang cakram. Cakram ber­fungsi sebagai pe­nyerap goncangan (shock absor­ber) dan berperan penting dalam ke­lenturan pergerakan tulang belakang, an­tara lain untuk memutar, menun­duk, mene­ngadah dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah yang ada, maka dibuatlah perancangan pada sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit saraf terjepit pada tulang punggung. Sistem pakar merupakan sistem yang dirancang untuk dapat menirukan keahlian seorang pakar atau ahli dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan suatu masalah. Tujuan utama sistem pakar yaitu untuk memasyarakatkan atau memindahkan secara efektif pengetahuan dan pengalaman para pakar kepada mereka yang bukan pakar. Dalam pemecahan masalah pemakai berdialog dengan pakar. Sistem Pakar dibangun dengan menerapkan Metode Dempster Shafer.Dengan membangun sistem ini dapat membantu para pakar atau masyarakat untuk lebih mudah mendiagnosa  penyakit saraf terjepit pada tulang punggung dengan beberapa gejala yang terjadi pada saraf terjepit pada tulang punggung.

References

A. Herliana and N. F. Yudhiono, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hernia Nukleus Pulposus Menggunakan Forward Chainning Berbasis Web,†vol. 17, no. 3, pp. 86–95, 2017.

A. . Fallis, “Bab Ii Landasan Teori,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004

N. A. Maiyedra, “Perancangan Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit Pada Anak Dengan Menggunakan Metode Backward Chaining,†J. Sist. Inf. Dan Manaj., vol. 6, no. 2, 2018.

P. Soepomo, “Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit saluran pencernaan menggunakan metode dempster shafer 1,†vol. 1, pp. 32–41, 2013.

E. Fadilah, “Pemodelan Sistem Pakar Pengobatan Tradisional Penyakit Jantung dengan Metode Dempster Shafer,†J. Appl. Intell. Syst. UDINUS, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2016.

Downloads

Published

2022-07-21

URN