Implementasi Metode Fuzzy Associative Memory (FAM) Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelayanan di Perpustakaan STMIK Triguna Dharma

Authors

  • Dewi Wulandari STMIK Triguna Dharma
  • Marsono M STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.856

Abstract

Menciptakan kepuasan terhadap perpustakaan tentunya tidak mudah, pustakawan harus dapat memberikan pelayanan yang berkualitas, baik secara langsung maupun tidak langsung kepada mahasiswa, pelayanan yang baik tentunya dapat menjadi nilai lebih dari pemustaka pada mahasiswa Permasalahan saat ini yang dihadapi oleh pemustaka adalah kurang maksimalnya pelayanan pustakawan seperti kurang ramah dalam melayani pemustaka  yang   membutuhkan  informasi.Untuk itu dikembangkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang di gunakan untuk menentukan tingkat kepuasan pelayanan. Secara umum Sistem Pendukung Keputusan adalah sistem informasi yang berbasis komputer termasuk didalamnya sistem berbasis pengetahuan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan pada organisasi atau perusahaan. Sistem ini memberikan kemudahan kepada STMIK Triguna Dharma dalam mengevaluasi sejauh mana kualitas yang mereka berikan di perpustakaan berkaitan dengan data fasilitas, layanan, dan kenyamanan  perpustakaan, dapat diketahui bahwa dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan, bahwa tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan Perpustakaan STMIK Triguna Dharma adalah cukup memuaskan.

References

Arwan Ahmad Khoiruddin, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Calon Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Dengan Metode Fuzzy Assosiative Memoryâ€,Universitas Islam Indonesia,PP.1907-5022,2008.

Kusumadewi, Sri. (Maret 2016). Implementasi Logika Fuzzy Tahani Untuk Model Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Vol XII (1).

Ramenusa, O. 2013. Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT.DGS Manado. Jurnal EMBA 1(3).1193-1202.

Rohayani, Hetty. (April 2013). Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy. Jurnal Sistem Informasi. Vol 5 (1). Hal 535.

Magdalena, Hilyah. (Maret 2012). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mahasiswa Lulusan Terbaik Studi Kasus STMIK Atma Luhur Pangkalpinang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol 1 (2). Hal 50.

Harto, Budi. 2015. “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayananâ€. Padang. Jurnal Tekno IF. Vol. 3 No. 1 April 2015.

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi. Yogyakarta, 2007.

Samosir, Zurni Zahara. 2004. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dalam Menggunakan Perpustakaan USU Medan. Tesis. Universitas Sumatera utara.

Riyanto, Agus, dkk. 2004.“Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Perpustakaan Pascasarjana Universitas Gadjahmada Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. II No. 1.

A. S Rosa dan Shalahuddin M., Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Informatik. Bandung, 2018.

M. T. Prihandoyo, “Unified Modeling Language ( UML ) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,†vol. 03, no. 01, pp. 126–129, 2018.

A. S Rosa dan Shalahuddin M., Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Informatik. Bandung, 2018.

R. Nuraini, “Desain algorithma operasi perkalian matriks menggunakan metode flowchart,†vol. 1, no. 1, pp. 144–151.

F. Wongso, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Java,†vol. 12, no. 1, pp. 46–60, 2015.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),†J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

R. Supardi and M. Herfianti, “APLIKASI DALAM MEMPREDIKSI TINGKAT KINERJA GURU SMA NEGERI 2 KABUPATEN BENGKULU TENGAH,†vol. 3, no. 1, pp. 1–5.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),†J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

A. Nahlah*, “Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Ms Access pada Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang Ms Access Based Library Information System on Business,†vol. IV, no. 2, pp. 175–195, 2015.

W. Latif, Fauziah;Pratama, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ARSIP ELEKTRONIK,†vol. 3, no. 1, pp. 21–31, 2015.

Zulhalim, “APLIKASI SURAT PERJALANAN DINAS DALAM NEGERI MENGGUNAKAN VISUAL BASIC . NET , POSTGRESQL DAN,†vol. 2, no. 1.

Downloads

Additional Files

Published

2021-01-30

URN