Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pecandu Narkoba yang Layak Direhabilitasi Oleh Yayasan Pondok Trenkley Menggunakan Metode Multi Objective Optimization on the Basic of Ratio Analysis (MOORA)

Authors

  • pesch reynaldo STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif SE., S.Kom., M.Kom STMIK Triguna Dharma
  • Rini Kustini SS., MS STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.849

Abstract

                Terus meningkatnya jumlah pemakai narkoba di Indonesia ini dan tidak diimbangi dengan jumlah panti rehabilitasi yang masih terbilang sedikit. Karena semakin banyaknya kasus narkoba ini maka jumlah permintaan panti rehabilitasi pun makin meningkat, banyak orang tua dari anak-anak yang sudah terlanjur memakai narkoba ini menginginkan anaknya untuk pulih seperti dulu lagi namun apabila kondisi anak belum layak untuk direhabilitasi malah akan berdampak buruk kepada mentalnya. Karenanya dibuatlah satu aplikasi yang dapat membantu pihak pondok trenkley dalam menentukan apakah pasien ini disembuhkan menggunakan cara rawat jalan atau dirawat inap, karna apabila pasien ini belum memiliki kriteria pemakai narkoba yang sudah parah sangat berbahaya apabila digabungkan dengan pasien-pasien yang sudah mengalami dampak buruk narkoba seperti gangguan jiwa, depresi, stres, dan sifat aneh lainnya yang dapat mempengaruhi mental atau pisikologi pasien tersebut bahkan mungkin saja mendapatkan kekerasan dari pasien lainnya.                Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan Sistem Pendung Keputusan. Adapun metode yang digunakan yaitu metode Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA). Metode MOORA adalah salah satu metode sistem pendukung keputusan yang bertujuan untuk menentukan nilai kepastiaan pada suatu masalah. Dari uraian tersebut maka penelitian ini diangkat dengan judul “Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Pecandu Narkoba yang Layak Direhabilitasi Oleh Yayasan Pondok Trenkley Menggunakan Metode Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysisâ€. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputer yang dapat mempermudah dalam menentukan pecandu narkoba yang layah direhabilitasi dan dapat membantu Yayasan Pondok Trenkley.

References

S. Manurung, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU DAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE MOORA,†vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018.

M. Safii and A. Zulhamsyah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mekanik Sepeda Motor Yamaha Alfascorfii Dengan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 2, no. 2, p. 162, 2018, doi: 10.30645/j-sakti.v2i2.79.

N. Aeni Hidayah and E. Fetrina, “RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta),†Stud. Inform. J. Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 127–134, 2017.

S. Wardani, I. Parlina, and A. Revi, “ANALISIS PERHITUNGAN METODE MOORA DALAM PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN DI TOKO MEGAH GRACINDO JAYA InfoTekJar ( Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan ),†J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 3, no. 1, pp. 95–99, 2018.

Fatimah, M. Lubis, and S. Dewi, “Penerapan Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis ( MOORA ) Dalam Penerimaan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat,†Sensasi 2018, pp. 571–577, 2018.

R. Ariyanto, R. Ardiansyah, and Y. V. Krisdiyanti, “Perumahan Menggunakan Metode MOORA,†pp. 93–98.

Downloads

Published

2022-07-19

Issue

Section

Articles

URN