Sistem Monitoring Keamanan Saat Terjadi Blind Spot Pada Mobil Truk Menggunakan Teknik Pulse Width Modulation (PWM) Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Stevanus Kevin STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • M Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.847

Abstract

Pada saat berkendara harus memiliki kebijakan dalam menggunakan kendaraan agar mendapat keselamatan sampai tujuan. Keselamatan dalam berkedara hal yang utama. Dalam mengemudikan mobil truk supir tidak dapat melihat area blind spot dikarenakan mobil truk sangat besar dan lebar.Area blind spot pada mobil truk terletak di bagian depan, belakang, kiri dan kanan mobil truk. Di area blind spot pada mobil truk ini sering terjadi kecelakaan yang tak terduga di karenakan supir mobil truk tidak melihat adanya pengendara di area blind spot, maka  setelah melihat permasalahan, muncul suatu ide dalam pembuatan sistem monitoring keamanan saat terjadi blind spot pada mobil truk berbasis mikrokontroler. Sistem monitoring ini dapat bekerja dengan mendeteksi suatu objek dengan jarak yang sudah diatur dengan menggunakan sensor ultrasonic hc-sr04, buzzer untuk alarm dan lcd 16x2 untuk output sensor

References

. I Made Adi W, I Gusti Agung Putu. P Rahardjo, 2019. Prototipe Penggerak Atap Kanopi Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya, Sensor Hujan Dan Sensor Suhu Berbasis Mikrokontroler ATMega16.

. Santosoa, M Hadi Saputrab, A Setiadi, 2019. Analisis Dan Perancangan Aplikasi Bel Otomatis Berbasis Mikrokontroler Di Sma Unggul Sakti Jambi.

. M Bimo, B Setiyono, A Sofwan, 2017. Perancangan Door Lock System Pada Smart Home Menggunakan Mikrokontroller Atmega16 Berplatform Android .

. F Puspasari el al., 2017. Sensor Ultrasonik HC SR04 Berbasis Arduino Due untuk Sistem Monitoring Ketinggian.

. I Kavenius Missa, L Anastasi Seseragi Lapono, A Wahid, 2018. Rancang Bangun Alat Pasang Surut Air Laut Berbasis Arduino Uno Dengan Menggunakan Sensor Ultrasonik Hc-Sr04.

Downloads

Published

2022-07-21

URN