Decision Support System Untuk Kelayakan Pembangunan Jalan Desa Di Kecamatan Namorambe dengan Metode WIGHTED AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESSMENT (WASPAS)

Authors

  • Puji Sri Rahayu STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Marsono Marsono STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Jufri Halim STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.811

Abstract

Menurut kamus bahasa Indonesia, Pembangunan Jalan Desa merupakan salah satu yang beriringan dengan kemajuan suatu teknologi, hal yang sangat penting dan merupakan salah satu keberhasilan suatu Negara, prasarana yang penting bagi masyrakat kita, Jalan di Desan Kecamatan Namorambe merupakan prasarana dalam mendukung laju perekonomian serta berperan sangat besar dalam kemajuan dan perkembangan suatu daerah. Kerusakan pada jalan di Desan Kecamatan Namorambe akan menimbulkan banyak kerugian yang dapat dirasakan oleh pengguna secara langsung, karena sudah pasti akan menghambat laju dan kenyamanan pengguna jalan serta banyak menimbulkan korban akibat dari kerusakan jalan yang tidak segera ditangani oleh instansi yang berwenang.Maka dari itu dibutuhkan teknologi informasi dan Decison Support System sebagai alat bantu untuk menentukan kelayakan pembangunan jalan desa di kecamtanan namorambe dengan menggunakan metode WASPAS, dengan cara mencari nilai bobot setiap kriteria, kemudian melakukkan proses perangkingan .Hasil dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi sistem berbasis destop yang akan dapat membantu kantor desa kecamatan namorambe dalam memberi keputusan terhadap kelayakan pembangunan jalan desa di kecamatan namorambe yang sesuai dengan kriteria yang diperlukan, lebih efesien dibandingan dengan cara manual, dan menjadi bahan bagi instansi dalam mendata pembangunan jalan desa di kecamatan namoramnbe.

References

T. Kogoya, B. Olfie, and O. E. Laoh, “Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan Infrastruktur Jalan Desa Di Kabupaten Lanny Jaya-Papua,†J. Berk. Ilm. Efisiensi, vol. 15, no. 02, pp. 1–14, 2015.

D. Hermawan, D. B. Mulia, and M. I. Ramadhan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Alat Mining Cryptocurrency Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment ( WASPAS ),†pp. 560–566, 2018.

M. Handayani, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Raskin Di Menggunakan Metode Topsis,†J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, p. 54, 2017.

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018.

R. K. Hondro, A. Utami, and B. Pernanda, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Susu Formula Terbaik Untuk Anak Usia 3 Tahun Menerapkan Metode WASPAS,†pp. 444–450, 2018.

D. Hermawan, D. B. Mulia, and M. I. Ramadhan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Alat Mining Cryptocurrency Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment ( WASPAS ),†pp. 560–566, 2018.

S. Barus, V. M. Sitorus, and D. Napitupulu, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018.

M. Ickhsan, D. Anggraini, R. Haryono, and S. H. Sahir, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Usaha Rakyat Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†vol. 5, no. 2, pp. 97–102, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-27

URN